• 2

Antrean Padat, BI Batasi Penukaran Rupiah Edisi Terbaru di Blok M Square Rp 3,8 Juta/Orang

Antrean Padat, BI Batasi Penukaran Rupiah Edisi Terbaru di Blok M Square Rp 3,8 Juta/Orang



Suasana Antrean Penukaran Uang Baru

Antrean untuk penukaran uang baru di Blok M Square, Jakarta Selatan. (Foto: Fahrian Saleh)

Ruang Berlian 2 di Blok M Square mulai dipadati oleh warga Jakarta yang ingin menukar uang rupiah edisi lama ke seri terbaru. Mobil Kas Keliling milik Bank Indonesia (BI) sudah datang sejak pukul 10.50 WIB.
Begitu datang, warga lantas mengantre untuk bisa menukarkan uang lama mereka. Sebagian besar lainnya tertahan dan harus meminta nomor antrean kepada petugas keamanan setempat.
Salah satu warga yang ikut antre adalah Vita (34). Wanita berjilbab ini mengaku sedikit kecewa karena pihak BI akhirnya membatasi jumlah penukaran uang seri lama Rp 3,8 juta/orang. Padahal Vita membawa uang Rp 10 juta.

Penukaran Uang Desain Baru

Dua perempuan tersenyum saat menunjukan uang saat antre penukaran uang desain baru di Blok M. (Foto: Wiji Nurhayat )

"Dibatasi Rp 3,8 juta/orang padahal saya sudah bawa uang Rp 10 juta," kata Vita kepada kumparan, Selasa (20/12).
Uang yang dibawa Vita adalah uang milik perusahaan yaitu Bank Sumsel Babel. Kebetulan letak kantor cabang Bank Sumsel Babel dekat dengan Blok M Square. Vita mengungkapkan bila nasabah Bank Sumsel Babel sangat antusias menukar uang seri lama ke edisi terbaru.
Oleh karena itu, ia diminta oleh pimpinan perusahaan untuk datang langsung ke Blok M Square menukarkan uang lama sebanyak Rp 10 juta ke rupiah edisi terbaru.

00:00:00/00:00:00

Penukaran Uang Baru

"Sangat kecewa, padahal saya sudah persiapkan sejak kemarin," katanya.
Hal serupa juga dikatakan oleh Sari (31). Karyawan Bank Sumsel Babel ini mengaku membawa uang Rp 20 juta. Ia merasa sangat kecewa karena pihak BI membatasi jumlah penukaran uang hanya Rp 3,8 juta/orang.
"Saya masuk antrean ke 60 dan bawa uang Rp 20 juta tetapi dibatasi hanya Rp 3,8 juta/orang. Sangat kecewa pastinya," keluhnya.
Sementara itu, pihak BI membenarkan bila penukaran rupiah edisi terbaru dibatasi Rp 3,8 juta/orang. Rinciannya adalah lembar Rp 20 ribu sebanyak Rp 2 juta, lembar Rp 10 ribu sebanyak Rp 1 juta, lembar Rp 5 ribu sebanyak Rp 500 ribu, lembar Rp 2 ribu sebanyak Rp 200 ribu dan lembar Rp 1 ribu sebanyak Rp 100 ribu.


EkonomiUang BaruKeuanganPerbankanBank Indonesia

500

Baca Lainnya