• 0

Bawa Rupiah Edisi Terbaru Rp 535 Juta, Mobil Kas Keliling BI Diserbu Warga Rawamangun

Bawa Rupiah Edisi Terbaru Rp 535 Juta, Mobil Kas Keliling BI Diserbu Warga Rawamangun



Suasana Antrean Penukaran Uang Baru

Antrean untuk penukaran uang baru di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur. (Foto: Akbar Ramadhan)

Warga Jakarta di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur sangat antusias menukar rupiah seri lama ke edisi terbaru. Begitu Mobil Kas Keliling milik Bank Indonesia (BI) yang membawa pecahan uang baru Rp 535 juta datang di lokasi pukul 11.00 WIB, warga mulai berdatangan.
"Hari ini kami membawa Rp 535 juta pecahan rupiah edisi terbaru," ungkap salah satu petugas BI Apriadi kepada kumparan di lokasi, Selasa (20/12).
Dengan cepat warga mengambil 60 nomor antrean pertama yang dibagikan petugas BI. Di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, BI membatasi transaksi penukaran rupiah edisi terbaru Rp 4,8 juta/orang.

Penukaran Pecahan Uang Baru di Pasar Rawamangun

Masyarakat mengantri untuk menukarkan pecahan uang baru di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur (Foto: Akbar Ramadhan)

"Jumlah uangnya masih sangat terbatas," tambahnya.
Apriadi yang dibantu dengan seorang asistennya bernama Ridwan dan dua orang kasir serta beberapa petugas keamanan terlihat sibuk melayani warga yang ingin menukar uang seri lama ke edisi terbaru. Ia mengaku tidak melayani transaksi penukaran uang lebih dari Rp 4,8 juta.
"Maksimal hanya Rp 4,8 juta, di bawah itu boleh. Misalnya untuk pecahan Rp 20 ribu sampai Rp 2 ribu maksimal Rp 4,8 juta, pecahan Rp 50 ribu maksimal Rp 500 ribu dan Rp 100 ribu maksimal Rp 500 ribu," tutur Apriadi.



Uang BaruPerbankanEkonomiKeuanganBank Indonesia

500

Baca Lainnya