• 1

Cara Mudah Dapatkan Rupiah Edisi Terbaru

Cara Mudah Dapatkan Rupiah Edisi Terbaru



Bank Indonesia Menyediakan Penukaran Uang Baru

Warga Menunjukan Uang Baru (Foto: Fanny Kusumawardhani)

Bank Indonesia (BI) mulai hari ini merilis 11 pecahan mata uang rupiah dengan desain baru. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang seri lama ke uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Tahun Emisi (TE) 2016 ini, dapat langsung mendatangi Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI) di seluruh Indonesia.

"Mulai hari ini kantor perwakilan BI di 33 provinsi sudah mulai melakukan penerimaan penukaran uang. Kami edarkan ini melalui perbankan," kata Agus saat ditemui di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Senin (19/12).

Sementara itu di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menambahkan masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah seri terbaru bisa datang langsung ke kantor BI di wilayah terdekat dengan membawa uang seri lama. Namun untuk saat ini, uang baru yang diedarkan jumlahnya masih sangat terbatas.

Uang Pecahan Baru

Penampakan uang pecahan baru tahun emisi 2016 yang resmi diluncurkan hari ini, 19 Desember 2016. (Foto: Aditia Noviansyah)


"Kemudian bisa membawa uang lamanya yang masih layak untuk bisa ditukarkan ke uang baru," imbuhnya.

BI sendiri menargetkan dalam tiga bulan ke depan seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan uang NKRI Tahun Emisi (TE) 2016. Sehingga pihaknya juga secara bertahap akan menarik peredaran uang rupiah edisi lama, terutama yang tidak layak pakai.

"Nanti secara alamiah uang yang baru ini akan beredar ke masyarakat. Dan yang lama masih bisa digunakan, selama belum ada pernyataan dari BI bahwa uang tersebut akan ditarik dari peredaran," jelas Tirta.


Breaking NewsUang BaruEkonomiBisnisPerbankan

500

Baca Lainnya