• 1

Daging Sapi Mahal, Kerbau Bisa Jadi Pengganti

Daging Sapi Mahal, Kerbau Bisa Jadi Pengganti



Daging Sapi

Daging Sapi lokal di Pasar Tradisional (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)

Masyarakat diminta mencari alternatif lain memenuhi kebutuhan protein hewani selain daging sapi segar. Salah satunya bisa mencoba daging kerbau.
Apalagi harga daging kerbau beku di pasar hanya berkisar Rp 75.000-85.000/kg atau lebih murah dibandingkan harga daging sapi segar Rp 120.000-130.000/kg. Daging kerbau beku diimpor oleh Perum Bulog dari India.
"Masyarakat bisa mencoba daging kerbau dengan harga Rp 75.000-85.000/kg. Bulog sudah impor daging kerbau beku untuk memenuhi kebutuhan pasar," kata Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia Asnawi kepada kumparan, Sabtu (24/12).
Secara tekstur, daging kerbau sedikit lebih kasar dibandingkan daging sapi. Namun daging kerbau memiliki rasa yang hampir sama dengan daging sapi.
"Saya rasa tidak ada perbedaan, tingkat kelunakan sama. Hanya memang perlu ada edukasi dan sosialisasi tentang daging kerbau ini," serunya.
Selain daging kerbau ada satu jenis pilihan lain yaitu daging sapi beku asal Australia yang dijual dengan harga Rp 95.000/kg. Menurut Asnawi seluruh daging tersebut kini tersedia di pasar tradisional., masyarakat tinggal memilih
"Jadi tinggal tergantung masyarakat itu sendiri. Kalau berpenghasilan rendah mereka lihat daging kerbau inilah yang kelas saya dan mampu memberikan protein hewani. Pemerintah sudah menjawab dari berbagai aspek. Tapi 70% masyarakat masih membeli daging sapi segar," jelasnya.

EkonomiBisnisDaging SapiPasar Tradisional

500

Baca Lainnya