• 1

Di Dua Lokasi Ini, Uang Rupiah Edisi Terbaru Rp 1,2 M Ludes Diburu Warga

Di Dua Lokasi Ini, Uang Rupiah Edisi Terbaru Rp 1,2 M Ludes Diburu Warga



Penukaran Uang Desain Baru

Kondisi warga saat mengantri dan meluapkan kekesalan kepada pihak keamanan karena jatah uang penukaran sudah habis. (Foto: Aprilandika Pratama)

Petugas Mobil Kas Keliling Bank Indonesia (BI) resmi menghentikan operasional penukaran uang rupiah seri lama ke edisi terbaru di dua tempat berbeda. Pertama di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur dan tempat kedua di Blok M Square, Jakarta Selatan.
Awalnya, kedua mobil tersebut membawa pecahan uang rupiah edisi terbaru dengan total nilai Rp 1,285 miliar. Rinciannya satu unit mobil di Pasar Rawamangun membawa Rp 535 juta dan satu unit mobil di Blok M Square membawa Rp 750 juta.
Salah satu petugas Mobil Kas Keliling yang bertugas di Pasar Rawamangun, Arif Setiono mengungkapkan bila pecahan uang rupiah edisi baru yang dia bawa senilai Rp 535 juta habis tak tersisa.

Penukaran uang baru di Pasar Rawamangun

Bapak Niston (40), menukarkan uang lamanya (Foto: Aprilandika Pratama)

"Habis," tegas Arif kepada kumparan, Selasa (20/12).
Arif mengaku sejak beroperasi pada pukul 11.00 hingga 15.00 WIB, ia telah membagikan lebih dari 60 tiket antrean. Bagi yang mendapatkan nomor antrean, BI hanya membatasi transaksi penukaran hanya Rp 4,8 juta/orang.
"Setelah kupon habis bisa antre bebas," tambahnya.

00:00:00/00:00:00

Uang Baru

Hal yang sama juga diungkapkan petugas Mobil Kas Keliling di Blok M Square, Adang Suhaeri. Dalam sehari ini saja ia mengaku mampu melayani 110 warga yang menukar uang rupiah seri lama ke edisi terbaru. Jumlahnya juga dibatasi hanya Rp 3,8 juta/orang.
"Habis semua. Tapi juga di luar itu masih dapat menukar uang Rp 100 ribu, Rp 50 ribu serta uang logam Rp 1 ribu, Rp 5 ratus, Rp 2 ratus, dan Rp 1 ratus," jelasnya.


Uang BaruPerbankanEkonomiKeuanganBank Indonesia

500

Baca Lainnya