• 4

Globe Asia: Puan Lebih Berpengaruh Ketimbang Susi Pudjiastuti

Globe Asia: Puan Lebih Berpengaruh Ketimbang Susi Pudjiastuti


Puan Maharani

Puan Maharani (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Pada Rabu (11/10), Globe Asia telah merilis daftar 99 wanita paling berpengaruh (Most Powerful Women) 2017. Hasilnya, mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri menduduki peringkat pertama.
Megawati dianggap memiliki jiwa kepemimpinan nasional dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga berhasil meredakan ketegangan kadernya di PDI-Perjuangan selama tahun lalu, setelah menyelesaikan hubungan yang sebelumnya sempat tegang dengan kadernya di PDI Perjuangan, Presiden Joko Widodo. Megawati juga dianggap mampu mempertahankan keragaman bahasa Indonesia dalam bidang ras, agama, kepercayaan dan cara hidup yang sesuai dengan prinsip yang ditetapkan oleh sang ayahnya, Soekarno. Dia juga sangat menonjol dalam mempertahankan peran sentral ideologi Pancasila.
Sementara itu, peringkat kedua diduduki oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Iriana dianggap sebagai sosok Ibu Negara yang cukup sederhana dan berdedikasi juga bijaksana. Iriana juga membantu mempromosikan peran perempuan dengan mendukung kerajinan dan industri kreatif lainnya.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti (Foto: Hafidz Mubarak/Antara)
Sedangkan tempat ketiga diduduki Mufidah Kalla yang tidak lain adalah istri dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mufidah saat ini dikenal sebagai pemimpin Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas). Peranannya cukup besar untuk mendukung industri kreatif, menyiapkan produk berkualitas tinggi dan mendorong kerja sama antar organisasi untuk menumbuhkan industri kreatif nasional.
Sementara itu, di posisi keempat ditempati oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sosok menteri lainnya yang begitu populer di Indonesia, Susi Pudjiastuti harus puas berada di peringkat ke delapan. Susi kalah tenar dengan nama-nama menteri Kabinet Kerja lainnya seperti Retno Marsudi (peringkat 7), Puan Maharani (peringkat 6), dan Rini Soemarno (peringkat 5).
Berikut ini 10 besar wanita paling berpengaruh di Indonesia menurut Globe Asia:
1. Megawati Soekarnoputri,
2. Iriana Joko Widodo,
3. Mufidah Kalla,
4. Sri Mulyani Indrawati,
5. Rini Soemarno,
6. Puan Maharani,
7 Retno Marsudi,
8. Susi Pudjiastuti,
9. Tri Rismaharini,
10. Khofifah I. Parawangsa.

EkonomiKabinet KerjaPuan MaharaniSusi PudjiastutiInspirasi

500

Baca Lainnya