• 4

Harga Cabai Mahal, Produsen Sambal Bu Rudy Pikir-pikir Naikkan Harga

Harga Cabai Mahal, Produsen Sambal Bu Rudy Pikir-pikir Naikkan Harga



Harga Cabai Naik

Pedagang menjajakan cabainya di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)

Tingginya harga cabai belum memberikan dampak serius kepada industri makanan. Misalnya produsen sambal terbesar di Indonesia asal Surabaya, Sambal Bu Rudy.
Selain di Jakarta, harga cabai juga merangkak naik di Surabaya, Jawa Timur. Harga cabai merah di Surabaya saat ini sudah mencapai Rp 56.500/kg sedangkan cabai rawit merah mencapai Rp 82.300/kg.
Manager Sambal Bu Rudi, Maikel mengatakan pihaknya masih pikir-pikir untuk menaikkan harga produk. Ia memprediksi saat ini sampai menjelang Tahun Baru belum ada kenaikan harga. Alasannya adalah dalam setahun ini pihaknya sudah dua kali menaikan harga produk.
"Pada awal tahun harganya Rp 19.500/botol dengan ukuran 100 gram, pasca Lebaran naik jadi Rp 21.000/botol, sekarang Rp 22.000 per botol," ungkap Maikel kepada kumparan, Senin (26/12).
Maikel mengatakan Sambal Bu Rudy memproduksi 2.000 botol berukuran 100 gram/harinya. Ia membutuhkan 400 kilogram cabai segar yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan sambal.
"Kalau kami tidak ada langganan pastinya harganya akan mahal sekali. Tapi kami sudah punya langganan penjual cabai di Surabaya bisa menekan sedikit biaya produksi," sebutnya.

EkonomiBisnisKomoditasCabaiPasar Tradisional

500

Baca Lainnya