• 2

Harga Daging Sapi Mahal, 53 Persen Pedagang di DKI Lenyap

Harga Daging Sapi Mahal, 53 Persen Pedagang di DKI Lenyap



Daging Sapi

Daging Sapi lokal di Pasar Tradisional (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)

Tingginya harga daging sapi segar di tingkat pasar tradisional mulai memberikan dampak menakutkan. Ratusan pedagang daging sapi yang tersebar di seluruh pasar tradisional di DKI Jakarta mengalami gulung tikar.
Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia Asnawi mendata di tahun 2012 ada 765 pedagang daging sapi aktif di 153 pasar tradisional di DKI Jakarta. Catatan terakhir di bulan Desember 2016 jumlahnya menyusut 53 persen menjadi 405 pedagang daging yang masih aktif.
"Artinya ada 360 pedagang daging sapi yang lenyap," kata Asnawi kepada kumparan, Sabtu (24/12).
Asnawi mengungkapkan salah satu penyebab 360 orang pedagang daging sapi lenyap karena margin keuntungan yang diterima pedagang semakin kecil. Pemicunya adalah tingginya harga daging sapi.
"Margin keuntungan setiap kg daging sapi yang dijual hanya Rp 5.000. Tidak banyak untung yang diterima oleh pedagang," tambahnya.
Asnawi menjelaskan saat harga daging sapi Rp 75.000-80.000/kg, satu pedagang mampu menjual hingga 60 kg/hari. Namun saat ini pedagang hanya mampu menjual maksimal 35 kg/hari karena harga daging semakin mahal dan keterbatasan modal.
"Ini fakta di lapangan banyak pedagang yang gulung tikar," sebutnya.

EkonomiBisnisDaging SapiPasar TradisionalPedagang

500

Baca Lainnya