• 0

Jasa Marga: Perbaikan Permanen Jembatan Cisomang Butuh Waktu 3 Bulan

Jasa Marga: Perbaikan Permanen Jembatan Cisomang Butuh Waktu 3 Bulan




Jembatan Cisomang Cover 1

Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi bergeser. (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Pengelola jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi) PT Jasa Marga (Persero) langsung bergerak cepat guna memperbaiki kondisi Jembatan Cisomang yang salah satu pilarnya bergeser. Proses perbaikan permanen memakan waktu hingga 3 bulan.
"Selanjutnya Jasa Marga akan melakukan perbaikan permanen yang diperkirakan memakan waktu 3 bulan," ungkap AVP Corporate Communication Dwimawan Heru kepada kumparan, Jumat (23/12).
Saat ini Jasa Marga telah melakukan perbaikan sementara. Selama proses perbaikan jembatan berlangsung, Jasa Marga melalui koordinasi dengan pihak Kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas, khusus untuk kendaraan besar/kendaraan Non Golongan I.
"Perbaikan sementara dengan grouting pada pilar yang bermasalah dan wrapping untuk mencegah kerusakan," katanya.
Dwimawan mengatakan Jembatan Cisomang masih bisa dilewati bagi kendaraan golongan I seperti sedan, jip, pick up/truk kecil dan bus. Sementara itu pihaknya juga telah membatasi kendaraan Non Golongan I di Tol Padaleunyi.
Aturan yang berlaku secara efektif mulai hari Jumat, Tanggal 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB berisi:
1. Ruas Cipularang KM 84 sampai dengan KM 122 hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan I (bus, sedan, jip, minibus, pikap/truk kecil).
2. Kendaraan Non Golongan I yang berasal dari Ruas Jakarta-Cikampek atau Cikampek-Palimanan menuju ruas Padalarang-Cileunyi dialihkan menuju Jalan Non Tol dan melakukan transaksi tol di Gerbang Tol Sadang (KM 76) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84), selanjutnya dapat masuk kembali ke Jalan Tol Padaleunyi melalui Gerbang Tol Padalarang Timur (KM 122).

Infografis Cisomang

Infografis rute pengalihan arus Cisomang (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)


B. Kendaraan menuju Jakarta
1. Ruas Cipularang KM 116 s.d. KM 84 hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan I.
2. Kendaraan Non Golongan I yang berasal dari Ruas Padalarang-Cileunyi menuju Ruas Jakarta-Cikampek atau Cikampek-Palimanan dialihkan menuju Jalan Non Tol dan melakukan transaksi tol di Gerbang Tol Padalarang Timur (KM 122) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116), selanjutnya dapat masuk kembali ke Jalan Tol Cipularang melalui Gerbang Tol Sadang (KM 76) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84).
"Bagi pengguna Jalan Tol Padaleunyi, alternatif lain menuju Jakarta/Bandung atau sebaliknya adalah melalui Jalan Arteri Puncak-Cianjur-Padalarang," seru Dwimawan.

Jembatan CisomangEkonomiLiburanLalu Lintas

500

Baca Lainnya