• 2

Menengok Uang Zaman Penjajahan Jepang yang Mirip Rupiah

Menengok Uang Zaman Penjajahan Jepang yang Mirip Rupiah



Uang Jepang

Tampilan uang kertas Rp 100 seri Pemerintahan Dai Nippon Teikoku Seihu. (Foto: Nadia Jovita IR/kumparan)

Sejak tahun 1942 Indonesia secara resmi dijajah oleh Jepang. Kependudukan Jepang di Indonesia hanya berlangsung singkat selama tiga setengah tahun.
Pusat informasi Museum Bank Indonesia, Kamis (22/12) mendata Jepang banyak mencetak mata uang kertas dan hanya satu seri koin saja yang dicetak, yaitu pecahan 1, 5 dan 10 Sen.
Semuanya dicetak dengan tahun Jepang 2603 dan 2604 (1943 dan 1944 Masehi), yang dituangkan dalam Undang-Undang Pemerintahan Militer Jepang No. 2 tertanggal 8 Maret 2602 (1942).

Uang Jepang

Tampilan uang kertas Rp 100 seri Pemerintahan Dai Nippon. (Foto: Nadia Jovita IR/kumparan)

Koin pecahan 1 dan 5 Sen terbuat dari Aluminium, sedangkan koin nominal 10 Sen terbuat dari timah. Pada koin-koin nominal 5 dan 10 Sen, dibagian muka terdapat gambar Wayang. Sedangkan nominal 1 Sen terdapat gambar kepala wayang. Di bagian belakangnya terdapat tulisan Jepang, Nominal (Sen), dan tahun Jepang 2603/04.
Namun Jepang juga menerbitkan dan mengeluarkan serta mengedarkan uang yang kertas yang disebut Uang Invasi. Emisi pertama berbahasa Belanda, beredar tahun 1942. Sedangkan emisi kedua adalah dengan tulisan Dai Nippon tak sempat beredar.

Uang Jepang

Tampilan uang kertas Rp 10 seri Pemerintahan Dai Nippon. (Foto: Nadia Jovita IR/kumparan)

Emisi ketiga bertulis Dai nippon Teikoku Seihu diedarkan tahun 1943. Setelah pasukan sekutu mendarat di Tanjung Priok tanggal 29 September 1945, komandan pasukan melarang penggunaan uang Jepang dan mengedarkan uang Nica (Netherlands Indies Civil Administration).
NICA menggunakan Rupiah Jepang untuk membiayai operasi militer mereka dan membayar gaji pegawai pribumi dan mengedarkan uang tersebut ke seluruh Indonesia guna mendapatkan simpati masyarakat. NICA juga mengedarkan uang hindia Belanda yang dikenal dengan uang NICA. Itu semua memperparah kondisi keuangan Indonesia saat itu.

Uang Jepang

Tampilan uang kertas Rp 1/2 seri Pemerintahan Dai Nippon. (Foto: Nadia Jovita IR/kumparan)

Setelah merdeka dengan berbagai keterbatasan, berdasarkan Maklumat 3 Oktober 1945, mata uang yang beredar sampai masa pendudukan Jepang masih berlaku. Sebelumnya tanggal 2 Oktober 1945 pemerintah mengeluarkan maklumat bahwa mata uang NICA tak berlaku lagi di Indonesia.

EkonomiUangUang BaruKeuanganBank Indonesia

500

Baca Lainnya