• 0

Menpar Optimistis Jumlah Wisman yang Masuk RI Tahun Ini Capai 12 Juta

Menpar Optimistis Jumlah Wisman yang Masuk RI Tahun Ini Capai 12 Juta



Kementerian Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata (Foto: Kevin Kurnianto)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) optimis jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia tahun 2016 ini bisa mencapai 12 juta orang. Hingga bulan Oktober 2016, jumlah wisman yang masuk sudah mencapai 9,4 juta orang.
Menteri pariwisata Arief Yahya optimisme dapat mengejar sisa target kunjungan sebesar 2,6 juta wisman. Salah satu cara yang dia bakal lakukan adalah membuat event semenarik mungkin pada peak season di bulan Oktober, November, dan Desember.
"Capaian kinerja Pariwisata kita tahun 2016 semakin menguatkan kita meraih target 2017 hingga 2019. Potensi kita jauh lebih tinggi dari Malaysia dan Thailand, karena domestic market kita juga kuat," tegas Arief saat ditemui di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisata, Rabu, (21/12).
Arief mengungkapkan, Kemenpar sukses membuat peningkatan 9,54 persen kunjungan pariwisata wisman ke Indonesia. Dengan kata lain, sudah ada 9.403.614 wisman yang berkunjung ke Indonesia pada bulan Januari hingga Oktober periode 2016.
Angka ini mengalami peningkatan bila dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Menurut catatan Arief, tahun lalu jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia hanya sebanyak 8.584.832 orang.
Arief menilai meningkatnya jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia berdampak positif bagi perekonomian daerah.
"Kontribusi PDB nasional sebesar 11 persen, devisa sebesar Rp 172 triliun, serta penyerapan tenaga kerja 11,8 juta orang," sebutnya.

DestinasiPariwisataEkonomiWisatawanBisnis

500

Baca Lainnya