• 1

Natal dan Tahun Baru, Mendag Jamin Harga Pangan Stabil

Natal dan Tahun Baru, Mendag Jamin Harga Pangan Stabil



Mendag Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menjamin tidak ada lonjakan harga pangan pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran dari masyarakat.
"Kami sudah melakukan persiapan semenjak dini dari awal Desember," ungkap Enggar saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (23/12).
Enggar menjelaskan bila ketersediaan stok pangan saat ini cukup, misalnya beras. Setelah dilakukan perhitungan di Pasar Induk Cipinang, Jakarta stok beras cukup hingga 3 bulan mendatang.
"Mengenai beras sudah dibicarakan di Cipinang sudah lihat stok di sana dan bicara dengan pedagang. Kata pedagang di sana perputaran beras sehari di Cipinang sampai 30 ribu ton beras per hari," ucapnya.

Kemendag

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memaparkan perkembangan harga sembako jelang Natal 2016 (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)

Hal yang sama juga terjadi pada stok gula, minyak goreng, telur dan terigu. Berikut rinciannya:
Beras medium stabil Rp 10.640/kg
Gula Rp 14.090/kg,
Minyak goreng Rp 11.720/kg,
Tepung terigu Rp 8.880/kg,
Daging ayam Rp 29.760/kg,
Daging sapi Rp 114.430/kg,
Telur ayam Rp 24.080/kg.
Sementara untuk komoditas pertanian seperti cabai dan bawang harganya berfluktuasi namun masih dalam batas wajar.
Menurut Enggar harga cabai merah keriting turun 26,2 persen menjadi Rp 31.000/kg, cabai merah besar turun 11,8 persen menjadi Rp 30.000/kg dan bawang merah turun 22,7 persen menjadi Rp 17.000/kg.
"Hasil pantauan menunjukkan perkembangan harga barang kebutuhan pokok menjelang Tahun Baru di daerah umumnya relatif stabil. Ketersediaan stok atau pasokan di distributor cukup dan aman serta kondisi distribusi di pelabuhan berjalan lancar," beber Enggar.

EkonomiKemendagHarga SembakoBisnisKeuangan

500

Baca Lainnya