• 2

Paket Kebijakan Ekonomi ke-15 Fokus Tekan Biaya Logistik

Paket Kebijakan Ekonomi ke-15 Fokus Tekan Biaya Logistik



Rudiantara dan Darmin Nasution

Menkominfo, Rudiantara bersama Menko Perekonomian, Darmin Nasution (Foto: Nicha Muslimawati )

Pemerintah akan kembali mengeluarkan paket kebijakan ekonomi dalam waktu dekat. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan paket kebijakan ke 15 ini akan fokus menekan biaya logistik seperti layanan National Single Window (INSW), lama waktu bongkar muat (dwelling time), dan logistik.
"Lebih ke logistik costnya, kecepatannya. Dwelling time kan kecepatannya," kata Darmin saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (21/12).
Namun Darmin belum mau menjelaskan secara rinci paket kebijakan tersebut. Menurut dia, timnya saat ini terus melakukan pembahasan.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution

Perayaaan ulang tahun Menko Perekonomian, Darmin Nasution ke 68 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. (Foto: Nicha Muslimawati )

"Prosesnya sedang kami lakukan. Mudah-mudahan bisa bersama dengan launching paket deregulasi perbaiki tata niaga," ucapnya.
Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan sejak September 2015. Salah satu tujuan dikeluarkan paket kebijakan adalah untuk perbaikan ekonomi nasional.
"Saya merasa ada yang kurang. Perlu waktu, bisa sampai awal Januari. Secara kualitatif sudah baik tapi kuantitatifnya masih ada dampaknya," katanya.



EkonomiBisnisKeuanganMoneter

500

Baca Lainnya