• 2

Perumnas Bakal Bangun Rusunami di Dekat 3 Stasiun Ini

Perumnas Bakal Bangun Rusunami di Dekat 3 Stasiun Ini



MoU Perumnas dengan PT KAI

MoU Perumnas dengan PT KAI (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perum Perumahan Nasional (Perumnas) bakal membangun hunian vertikal di areal sekitar stasiun kereta api Jakarta-Bogor. Kedua perusahaan baru saja menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)

Sudah ada tiga lokasi stasiun yang akan dibangun proyek ini. Pertama adalah Stasiun Tanjung Barat di Lenteng Agung, kedua Stasiun Pondok Cina di Depok dan ketiga Stasiun Bogor.

"Konsepnya ini rusunami, lokasinya di atas stasiun. Jadi kalau penghuninya mau pergi-pergi tinggal turun," ungkap Direktur Utama Perum Perumnas, Bambang Triwibowo usai penandatanganan MoU antara Perumnas dan KAI yang berlangsung di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (19/12).

00:00:00/00:00:00

MoU PT KAI dengan Perumnas

Hadir pada acara tersebut Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Setelah dilakukan penandatangan MoU, Perumnas dan KAI akan membereskan berbagai perizinan yang diperlukan.

Bambang mengungkapkan Perumnas bakal membangun sekitar 5.000 unit hunian di tiga lokasi. Rinciannya 860 unit hunian di Stasiun Tanjung Barat dengan luas lahan 1 hektar, 520 unit hunian di Stasiun Pondok Cina dengan luas lahan 1 hektar dan 3.600 unit hunian di Stasiun Bogor dengan luas lahan mencapai 4,2 hektar. Pembangunan rusunami di dekat areal stasiun kereta dinilai memudahkan para commuter bolak-balik dengan menggunakan commuterline Jabodetabek.

Secara keseluruhan total investasi dalam proyek pengembangan ini sebesar Rp 2 triliun. Groundbreaking bakal dilaksanakan 4 bulan setelah penandatanganan MoU dilakukan.

"Ini yang pertama di tiga lokasi. Ke depannya diharapkan bisa dibangun di stasiun-stasiun lain," timpal Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.


EkonomiBisnisInfrastrukturProperti & InteriorCommuter Line

500

Baca Lainnya