• 2

Petani Belum Tentu Untung Besar Jual Cabai Rawit Merah Rp 60.000/Kg

Petani Belum Tentu Untung Besar Jual Cabai Rawit Merah Rp 60.000/Kg



Cabai Pasar Kramat Jati

Gelontoran cabai di Pasar Kramat Jati. (Foto: Rivi Satrianegara/kumparan)

Harga cabai rawit merah di tingkat petani saat ini sudah mencapai Rp 60.000/kg. Dengan harga tersebut, petani merasa belum tentu meraup untung besar.
"Rata-rata petani tidak untung besar karena produktivitas rendah," tegas Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Jawa Timur Sukoco kepada kumparan, Senin (26/12).
Sukoco menuturkan kondisi sekarang produktivitas setiap hektar lahan cabai hanya mencapai 2 ton. Padahal di saat normal, tingkat produktivitas bisa mencapai 10 ton per hektar. Turunnya tingkat produktivitas disebabkan karena tingginya intensitas hujan di Jawa Timur.
"Kalau begini produksi hanya 2 ton belum tentu untung besar. Kalaupun ada yang untung itu sedikit dan kalau rata-rata tidak banyak petani yag untung karena sedikit yang produksi," tuturnya.
Sukoco menghitung bila di periode normal petani bisa panen 10 ton/hektar (10.000 kg) dengan harga jual Rp 15.000/kg, maka petani bisa mengantongi uang sebesar Rp 150 juta. Sementara kondisi sekarang dengan produktivitas 2 ton/ hektar atau 2.000 kg dengan harga jual Rp 60.000/kg, maka petani hanya bisa mengantongi uang Rp 120 juta.
"Makanya saya katakan tadi rata-rata petani tidak untung karena produktivitasnya kecil," jelasnya.

EkonomiBisnisKomoditasCabaiPasar Tradisional

500

Baca Lainnya