• 0

Rupiah Edisi Terbaru Dicetak Langsung Oleh Peruri di Karawang

Rupiah Edisi Terbaru Dicetak Langsung Oleh Peruri di Karawang



Uang baru Peruri

Uang baru Peruri (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menegaskan uang NKRI edisi terbaru tahun emisi 2016 dicetak langsung oleh Peruri Karawang. Hal ini sekaligus menepis anggapan bila uang rupiah edisi terbaru dicetak di Kudus oleh perusahaan swasta.
"Tidak benar cetak uang NKRI dicetak di Kudus. Uang NKRI dicetak di Peruri, Karawang," tegas Head of Corporate Peruri Eddy Kurnia kepada kumparan, Rabu (21/12).
Menurut Eddy, sesuai dengan Undang Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2006, Bank Indonesia (BI) telah menugaskan Peruri untuk mencetak uang Rupiah.

Uang baru peruri

Tulisan Peruri di lembaran uang baru (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

"Peruri selalu siap menjalankan tugas negara tersebut dengan tingkat pengamanan yang tinggi dan kualitas terbaik," tekannya.
Eddy memberikan bukti bila rupiah rupiah edisi terbaru tahun emisi 2016 diproduksi oleh Peruri di Kerawang. Contohnya di pecahan Rp 50.000 edisi terbaru tertulis PERURI TC-2016.
"Lihat di bawah tulisan lima puluh ribu rupiah, tepatnya dibawah tulisan rupiah. Ada tulisan "PERURI TC 2016" yang menunjukkan bahwa uang tersebut adalah cetakan Peruri pada tahun cetak 2016," tegasnya.


Uang BaruPerbankanEkonomiKeuanganBank Indonesia

500

Baca Lainnya