• 8

Lika-liku Hidup George Michael, Sang Penyanyi Kelas Dunia

Lika-liku Hidup George Michael, Sang Penyanyi Kelas Dunia



George Michael

George Michael sedang bernyanyi. (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)
Penyayi sekaligus pencipta lagu bernama asli Georgios Krylacos Panayiotou ini terlahir di Hertfordshire, Inggris, 25 Juni 1963. Ia lahir dari ayah berkebangsaan Yunani dan ibu berdarah Inggris. Ia memiliki dua kakak laki-laki yaitu Yioda Panayiotou dan Melanie Panayiotou.
Michael menghabiskan masa kecilnya di Kingsbury, London, dengan menuntut ilmu di Kingsbury High School hingga lulus. Saat remaja, Michael pindah ke Radlett di mana dia bertemu dengan Andrew Ridgeley dan akhirnya grup duo bernama Wham! yang mulai masuk-keluar beberapa klub di London.
Pada 1981, Wham! berhasil meraih kesukesan pertama mereka dengan merilis album perdana bertajuk Fantastic yang langsung merajai tangga lagu di Inggris. Namun duo ini hanya bertahan selama lima tahun sebelum Michael memutuskan untuk bersolo karir.

Dua tahun setelah Wham! bubar, Michael mulai bersolo karier dan berduet dengan penyanyi wanita favorit Michael, Aretha Franklin.
Album debut solonya pada 1987, Faith, telah terjual lebih dari 20 juta eksemplar di seluruh dunia. Ada 7 single dari Michael yang menduduki nomor satu di tangga lagu Inggris, dan 8 single mencapai hit nomor satu tangga lagu Billboard Hot 100 di AS.
Tahun 2008, majalah Billboard menempatkan Michael di urutan 40 dalam daftar 100 Artis Terbaik Sepanjang Masa.

George Michael

George Michael sedang bernyanyi di sebuah pub. (Foto: Evan-Amos via Wikimedia)
Tahun 2004, Michael mendapat gelar dari Radio Academy sebagai penyanyi dengan pemutaran lagu terbanyak di radio Inggris dalam kurun waktu 1984-2004. Dengan seabrek prestasinya yang gemilang, Michael memiliki sisi lain.
Pada sebuah wawancara televisi, Michael menyatakan dirinya adalah penyuka sesama jenis. Ia kemudian secara aktif menjadi aktivis Lesbian Gay Bisexual Transgender (LGBT). Ia merasa menjadi penyuka sesama jenis adalah hak dan tidak dapat dilarang oleh siapapun.
Sisi kontroversi Michael tersebut kemudian membuat seorang sutradara film, Paul Aaron, tertarik untuk membuat film dokumenter tentang kisah hidup Michael. Film tersebut bertitel A Different Story.
Tahun 2006 bisa dikatakan sebagai puncak karier Michael. Michael mengumumkan tur dunianya bertajuk '25 Live', setelah 15 tahun vakum dari tur. Tur ini terlaksana dalam waktu 3 tahun.

George Michael

George Michael, penyanyi legendaris asal Inggris. (Foto: REUTERS/Suzanne Plunkett)
Jika dirangkum, sepanjang 30 tahun karier musiknya, Michael telah memenangi banyak penghargaan musik, termasuk dua kali meraih predikat sebagai Penyanyi Pria Terbaik dari Brit Award, empat kali memenangi penghargaan MTV Video Music Award, empat dari Ivor Novello Awards, tiga kali dari American Music Awards, dan dua Grammy Award dari delapan nominasi.
Kabar duka meninggalnya Michael dipastikan oleh perwakilan perusahaan yang menaungi George Michael di Inggris.
"Dengan penuh kesedihan, kami mengonfirmasi bahwa anak kami tercinta, saudara dan teman, George, meninggal dunia dalam damai di rumahnya saat momen Natal," demikian pernyataan resmi soal kematian George Michael seperti dikutip dari BBC, Senin (26/12).
Tidak ada penjelasan lebih jauh mengenai penyebab meninggalnya George Michael. Pihak keluarga saat ini masih berduka dan meminta diberikan privasi. Belum ada komentar dari mereka.

HiburanGeorge Michael Meninggal DuniaNewsMusikGeorge Michael

500

Baca Lainnya