• 4

Pria yang Konsumsi Cokelat Berlebihan Bisa Mengalami Depresi

Pria yang Konsumsi Cokelat Berlebihan Bisa Mengalami Depresi


Cokelat sebabkan gangguan mood pada pria

Cokelat sebabkan gangguan mood pada pria (Foto: Thinkstock)
Sepertinya tidak ada satu orang pun yang menolak jika disodorkan sebuah cokelat. Tak heran, cokelat menjadi salah satu camilan yang paling disukai oleh semua kalangan usia, baik muda atau dewasa.
Bagi kaum wanita, mengkonsumsi cokelat merupakan sebuah cara terbaik untuk mengembalikan mood mengingat cokelat bisa memberikan efek bahagia saat mengunyahnya. Karbohidrat yang dibentuk oleh senyawa kimia dalam cokelat akan menghasilkan hormon serotonin yang mampu menyalurkan perasaan nyaman dan senang di sekujur tubuh.
Meskipun mampu memberikan efek menenangkan, namun hal ini nyatanya hal ini tidak berlaku bagi pria. Pasalnya, pria justru akan merasa gelisah dan bahkan depresi jika mengkonsumsi cokelat terlalu banyak.

 Ilustrasi pria konsumsi cokelat

Ilustrasi pria konsumsi cokelat (Foto: Thinkstock)
Dr Anika Knuppel yang merupakan seorang peneliti dari University College London's Institute of Epidemiology and Health, Inggris, menuturkan jika konsumsi gula yang berlebihan merupakan masalah gangguan mood dan kesehatan yang sering dialami oleh pria.
Umumnya, cokelat mengandung gula yang bisa sebabkan penyakit diabetes. Konsumsi dark chocolate secara rutin juga bisa berakibat fatal jika cokelat tersebut mengandung gula dengan kadar yang tinggi.
Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih dari 67 gram gula per hari memiliki risiko mengalami gangguan suasana hati lebih dari seperlima dibandingkan dengan mereka yang asupan gulanya kurang dari 39,5 gram per hari.
"Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemungkinan gangguan mood yang dialami oleh pria, namun asupan gula berlebih menjadi faktor utamanya," tutur Dr Knuppel seperti dikutip dari Telegraph.
"Orang yang mengalami gangguan mood dapat mengkonsumsi makanan manis dengan harapan bisa mengurangi perasaan negatif namun nyatanya makanan manis hanya menimbulkan perasaan positif dalam jangka pendek saja," lanjutnya lagi.
Jadi, sudahkah kamu mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh setiap hari?

Cokelat berbahaya bagi pria

Cokelat berbahaya bagi pria (Foto: Thinkstock)


LifestyleHealthPriaCokelat

500

Baca Lainnya