Mengembangkan Literasi Menggunakan Media Digital Aplikasi Google Meet dan Kahoot

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia
Konten dari Pengguna
1 September 2021 10:24
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Wulan Siti nuraeni tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengembangkan Literasi Menggunakan Media Digital Aplikasi Google Meet dan Kahoot (288005)
searchPerbesar
Foto bersama siswa kelas 6 SDN Cijangkar 1 Kota Sukabumi menggunakan aplikasi Google Meet dan Kahoot
Penulis : Wulan Siti Nuraeni
DPL : Jojor Renta Maranata, M.Pd.
ADVERTISEMENT
Penyebaran virus Covid – 19 sangat berpengaruh dan berdampak besar di berbagai Negara termasuk Indonesia. Dampak Virus Corona ini berdampak pada dunia ekonomi, sosial, dan Pendidikan. Mulai dari tingkat pra-sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah hingga lembaga perguruan tinggi. Maka dari itu, Selama Masa Pandemi Covid-19 Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mulai mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat penyebaran Covid-19. Berdasarkan hasil keputusan tersebut bahwa proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan akan dilaksanakan menggunakan media daring (online). Artinya Proses belajar siswa untuk sementara akan dilaksanakan di rumah. Akibatnya ketidaksiapan antara guru, murid dan orangtua menjadikan suatu permasalahan yang kompleks dan masih kurang efektif.
ADVERTISEMENT
Sekolah Dasar (SD) memiliki karakteristik senang bermain dan tidak jarang mereka menghabiskan waktu untuk bermain dirumah. Berbagai permasalahan turut timbul dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimana guru sendiri mengalami kesulitan dalam mengolah pembelajaran secara daring karena keterbatasan perangkat yang digunakan serta keterbatasan waktu karena guru dipaksakan untuk fokus pada penuntasan capaian kurikulum. Oleh karena itu tidak sedikit dari guru hanya memberikan tugas kepada siswa tanpa adanya bimbingan dari guru itu sendiri. Sehingga mengakibatkan turunnya tingkat Literasi Baca Tulis siswa di Sekolah Dasar.
Maka dari itu, saya Wulan Siti Nuraeni Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta yang sedang melaksanakan KKN Tematik ikut berperan aktif dalam membantu permasalahan yang ada di dunia Pendidikan. salah satunya yaitu mengembangkan Literasi Baca Tulis dengan Menerapkan Media Digital menggunakan aplikasi Google Meet dan Kahoot di SDN Cijangkar 1 yang terletak di Kecamatan Citamiang Kelurahan Nangeleng di Kota Sukabumi. guna mengembangkan literasi baca tulis siswa sekolah dasar. Kegiatan ini melibatkan Guru dan siswa kelas 6A dan 6B. Masalah ini sesuai dengan tema KKN Gelombang 2 yaitu “Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional”. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 20 Agustus – 20 September 2021.
ADVERTISEMENT
Aplikasi Google meet merupakan sebuah aplikasi video conference atau bisa juga disebut sebagai meeting online. Aplikasi ini sangat cocok sebagai media pembelajaran di kala pandemic Covid – 19 ini. Karena, aplikasinya gratis, penggunaanya mudah, dapat menggunakan PC, Laptop, ataupun Handphone (Perangkat seluler). Aplikasi ini juga menyediakan Share screen sehingga kita mudah untuk memperlihatkan dan menjelaskan materi pembelajaran terhadap siswa sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi dan dapat mengembangkan literasi baca tulis dimasa pandemi ini. Selanjutnya kita dapat menggunakan aplikasi Kahoot sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran.
Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.
ADVERTISEMENT
Dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti Google Meet dan Kahoot dapat meningkatkan keefektifan dalam proses pembelajaran secara daring. Karena, siswa tidak akan bosan dengan metode yang biasa saja. Dengan menggunakan google meet kita dapat memberikan materi dengan jelas serta menggabungkan evaluasi menggunakan Kahoot. Karena, dengan Kahoot ini, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena Kahoot langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta Kahoot. Sangat Menyenangkan karena ada suasana musik dan meme yang bisa kita masukan untuk menyemangati siswa.
Aplikasi google meet dan Kahoot ini dapat dilaksanakan setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan cara membuat link google terlebih dahulu dengan membuka akun Gmail, lalu di pojok kiri bawah, di bagian “Meet”, klik Rapat baru dan untuk mengirim undangan rapat melalui link atau email, klik Kirim undangan, Setelah siap bergabung ke rapat, klik Gabung sekarang.
ADVERTISEMENT
Dan untuk menggunakan Kahoot, kita dapat login di Kahoot menggunakan akun google, setelah itu Masukkan nama kuis yang akan dibuat. Misalkan "Latihan Soal Tema 2 Subtema 1 Kelas 6" Pilih bahasa yang digunakan dalam kuis. Masukkan gambar untuk kuis. Gambar ini boleh diisi, boleh tidak. Setelah selesai, klik save.
Dari program kegiatan tentunya hasil yang ingin dicapai melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI Kampus Purwakarta adalah guru mampu menggunakan media pembelajaran online yang menarik dan kreatif. Kemudian guru dapat menerapkan kepada siswa sekolah dasar sebagai salah satu pengembangan literasi baca dan tulis.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020