• 0

Trofi Copa Sudamericana Resmi Jadi Milik Chapecoense

Trofi Copa Sudamericana Resmi Jadi Milik Chapecoense



Chapecoense

Seorang pendukung Gremio membentanngkan poster dukungan terhadap Chapecoense. (Foto: Buda Mendes)
Gelar Copa Sudamericana 2016 akhirnya resmi berada di tangan Chapecoense. Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin (CONMEBOL) akhirnya menyerahkan trofi turnamen tersebut kepada presiden klub Chapecoense, Plinio David de Nes Pilho, di sela-sela acara drawing Copa Libertadores dan Copa Sudamericana 2017.
Masih diwarnai suasana haru, De Nes Pilho turut mengundang perwakilan Atletico Nacional, Daniel Jimenez, ke atas panggung. Jimenez kemudian diberi kalungan syal Chapecoense dan diberi pelukan hangat.
De Nes Pilho sendiri merupakan presiden baru Chapecoense menggantikan Sandro Pallaoro yang tewas dalam kecelakaan pesawat 28 November 2016 lalu. Dari 77 orang yang berada pada pesawat tersebut, 71 di antaranya meninggal dunia. Rombongan tersebut berisikan antara lain para pemain serta staf pelatih Chapecoense yang sedianya akan bertanding melawan Atletico Nacional pada leg pertama final Copa Sudamericana di Medellin, Kolombia.
Atletico Nacional sendiri langsung meminta agar gelar juara diberikan kepada Chapecoense pada saat itu. Dalam rilis resmi klub yang dilansir The Telegraph, Atletico Nacional menyatakan, "Bagi kami, untuk selamanya, Chapecoense adalah juara Copa Sudamericana 2016."
Dengan gelar juara Copa Sudamericana, Chapecoense berhak untuk langsung berlaga di fase grup Copa LIbertadores 2017 mendatang. Mereka tergabung di Grup 7 bersama Nacional (Uruguay), Lanus (Argentina), dan Zulia (Venezuela).
Sementara itu, juara bertahan Copa Libertadores, Atletico Nacional, tergabung di Grup 1 bersama Estudiantes (Argentina), Barcelona (Ekuador), dan satu kontestan hasil babak kualifikasi.

SportsSepak BolaCopa SudamericanaCopa Libertadores Chapecoense

500

Baca Lainnya