• 1

Obama Sahkan Anggaran Militer AS Sebesar 611 Miliar Dolar AS

Obama Sahkan Anggaran Militer AS Sebesar 611 Miliar Dolar AS



Barack Obama

Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama (Foto: Carlos Barria/Reuters)
Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengesahkan anggaran militer tahun 2017 sebesar 611 miliar dolar Amerika, atau lebih dari Rp8.200 triliun. Kendati menyetujui pengajuan anggaran itu, namun Obama mengkritik Kongres soal penjara Guantanamo.
Berdasarkan anggaran yang baru, gaji anggota militer akan naik 2,1 persen. Obama juga mengatakan, besaran anggaran ini sesuai dengan misi-misi Amerika dalam menghadapi ISIS di Suriah dan Irak.
Berbicara dari tempatnya berlibur di Hawaii, Obama mengatakan kenaikan gaji akan menguntungkan anggota militer dan keluarga mereka. Selain itu, anggaran ini juga akan dialokasikan untuk perang melawan serangan siber dan pengembangan drone atau pesawat nirawak.

Penjara Guantanamo

Menara pengawas di pintu masuk penjara Guantanamo (Foto: John Moore/Getty Images)
Namun, Obama mengkritik beberapa hal dalam RUU tersebut, salah satunya adalah dilanjutkannya operasional penjara Guantanamo.
Obama menyatakan bahwa penjara Guantanamo menghabiskan ratusan juta dolar hanya untuk memenjarakan lebih 60 orang tersangka terorisme. Selain itu menurut dia, penjara dilanjutkannya operasi Guantanamo hanya akan mencoreng citra Amerika di dunia.

Militer Amerika Serikat

Tentara Amerika Serikat (Foto: Kevin Lamarque/Reuters)
Obama pada Februari lalu telah mengajukan rencana untuk menutup Guantanamo. Namun, Niat Obama menutup Guantanamo ditentang oleh parlemen yang menyatakan penjara tersebut berguna untuk menahan teroris.
Selama dua tahun terakhir, pemerintah telah memindahkan 73 tahanan Guantanamo ke negara-negara lain. Obama menyatakan pemindahan ini akan berlanjut sampai saat terakhir dia memimpin.

Barack ObamaNewsInternasionalMiliterAmerika Serikat

500

Baca Lainnya