• 6

Pangeran Vajiralongkorn Diangkat Jadi Raja Thailand

Pangeran Vajiralongkorn Diangkat Jadi Raja Thailand


Thailand memiliki raja baru setelah putra mahkota Pangeran Vajiralongkorn mengambil sumpah. Pangeran Vajiralongkorn menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang mangkat setelah memerintah selama 70 tahun.
Vajiralongkorn menjadi raja dengan gelar 'Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun' diumumkan pada Kamis (1/12). Kantor berita AP melansir, pengumuman Vajiralongkorn sebagai raja disiarkan oleh semua stasiun televisi.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dengan Ibu Suri Ratu Sirikit

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dengan Ibu Suri Ratu Sirikit (Foto: AP Photo/Apichart Weerawong)
Raja Vajiralongkorn dikenal sebagai Rama X atau raja kesepuluh dalam dinasti Chakri yang didirikan tahun 1782. Sebuah rekaman video menggambarkan para pejabat senior menghadiri penobatan Vajiralongkorn menjadi raja. Pejabat tersebut kemudian sujud di kaki raja yang baru. Raja Maha Vajiralongkorn mengenakan seragam putih dengan dekorasi.
Ayah Vajiralongkorn, Bhumibol Adulyadej, wafat pada 13 Oktober 2016 di usia 88 tahun. Tahun 1972, Vajiralongkorn ditunjuk Bhumibol untuk menggantikannya kelak.
"Saya menerima tahta ini dalam rangka memenuhi keinginan Yang Mulia dan untuk kepentingan warga Thailand," kata Vajiralongkorn dalam rekaman video tersebut.
Saat ini Vajiralongkorn berusia 64 tahun. Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha menegaskan, pemerintahan Raja Maha Vajiralongkorn dimulai ketika Raja Bhumibol Adulyadej wafat.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Saat Pengambilan Sumpah

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Saat Pengambilan Sumpah (Foto: Thai TV Pool via AP)
"Keagungan raja baru, putra tercinta almarhum raja, akan meneruskan kepemimpinan dan warisannya," ucap Prayuth Chan-ocha.
Thailand merupakan negara dengan sistem monarki konstitusional. Saat ini Vajiralongkorn menghadapi tantangan dari negara yang telah retak selama beberapa dekade terakhir.
Raja baru Thaland ini terkenal dengan reputasinya sebagai playboy. Ia telah melalui tiga kali perceraian dengan tiga wanita dan mempunyai 7 anak.

Seorang Biksu Berjalan di Antara Foto Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

Seorang Biksu Berjalan di Antara Foto Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Foto: AP Photo/Sakchai Lalit)
Beberapa tahun terakhir ini, Vajiralongkorn juga menghabiskan waktunya di Jerman. Sulit untuk mengukur perasaan masyarakat tentang pribadi Vajiralongkorn karena undang-undang yang mengatur ketat soal penghinaan terhadap kerajaan.
Bila ada yang terbukti menghina kerajaan, hukuman penjara selama 15 tahun menanti. Informasi tentang suksesi ketika itu dikontrol ketat dan siaran berita internasional diblokir beberapa hari.

Breaking NewsHukumNewsMedia SosialSejarah

500

Baca Lainnya