• 1

Pertemuan Abe dan Putin Akhiri Perseteruan Rusia dan Jepang di Perang Dunia II

Pertemuan Abe dan Putin Akhiri Perseteruan Rusia dan Jepang di Perang Dunia II



Putin dan Shinzo Abe

Presiden Putin berkunjung lagi ke Jepang setelah11 tahun lalu. (Foto: Alexander Zemlianichenko/REUTERS)
Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang. Putin bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk membahas mengenai berbagai masalah seperti Suriah, Ukraina dan pulau-pulau terluar Jepang.
Dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/12), kedua pemimpin bertemu di Resort Mata Air Panas, Nagato di sebelah barat daya Jepang.
Pertemuan ini juga merupakan kemajuan antara Jepang dan Rusia yang sejauh ini mengalami perseteruan setelah Perang Dunia II.
Seorang pejabat senior Pemerintah Jepang menyampaikan pada hari Kamis (15/12), Presiden Putin dan Perdana Menteri Abe siap bekerja dengan negara-negara lain untuk menyelesaikan masalah Suriah. Pada kesempatan ini juga, Abe menyampaikan keprihatinan atas situasi kemanusiaan yang memburuk di Suriah.

Putin dan Shinzo Abe

Presiden Putin berkunjung lagi ke Jepang setelah 11 tahun lalu. (Foto: Kazuhiro Nogi/REUTERS)
Putin berkunjung ke Jepang selama dua hari dan diperkirakan kunjungannya ini memungkinkan dilakukan kegiatan perekonomian bersama dengan Jepang. Abe juga menambahkan akan dilakukan juga kegiatan bersama berhubungan dengan ekonomi di pulau yang disengketakan.
Setelah bertemu di Nagoya, hari ini Putin dan Abe bertemu di Tokyo untuk melakukan konsultasi kegiatan perekonomian bersama di empat pulau yang disengketakan.
"Untuk Suriah, Perdana Menteri Abe menyatakan keprihatinan yang kuat atas situasi kemanusiaan yang memburuk dan menekankan pentingnya menghentikan perilaku permusuhan dan segera melaksanakan pengiriman bantuan kemanusiaan," kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Kotaro Nogami usai mendampingi Abe selama tiga jam bertemu dengan Putin.
Nogami pun menambahkan bahwa Putin mendukung Presiden Assad yang merupakan presiden terpilih Suriah. Putin pun menuturkan akan berbicara dengan negara-negara di kawasan serta Amerika Serikat untuk menuju ke arah resolusi," lanjut dia.
Pertemuan antara Putin dan Abe ini sangat menyita perhatian dunia karena hal ini jarang terlihat pasca Perang Dunia II. Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Rusia dalam 11 tahun dan Tokyo berharap kunjungan ini mengakhiri perebutan sebuah pulau bernama Kuril yang dahulu diambil Uni Soviet setelah tiga hari Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II.

Putin dan Shinzo Abe

Presiden Putin berkunjung lagi ke Jepang setelah 11 tahun lalu. (Foto: Kazuhiro Nogi/REUTERS)
Hubungan diplomatik Rusia dengan Jepang telah berlangsung selama 71 tahun dan pertemuan ini merupakan suatu hal baik antara Moskow dan Jepang. Pertemuan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kepentingan ekonomi di Pasifik.
Sementara itu, Perdana Menteri Shinzo Abe melihat ini sebagai kesempatan bagi Jepang untuk mendapatkan akses sumber daya alam dari Rusia. Hal ini diharapkan bisa membantu ekonomi Jepang dan dapat menyaingi China yang kini mengimpor banyak sumber daya.
Pulau Kuril membentang ke arah timur laut dari Hokkaido, Jepang, hingga Kamchatka, memisahkan Laut Okhotsk dari Samudra Pasifik Utara. Ia adalah bagian dari Oblast Sakhalin, Rusia.
Jepang mengenal pulau tersebut sebagai Kepulauan Chishima. Nama tersebut berasal dari dialek penduduk asli suku Ainu, kur yang artinya lelaki.

Breaking NewsNewsSuriahVladimir PutinInternasionalPemerintahan

500

Baca Lainnya