• 5

Pilek Berat, Ratu Elizabeth II Batal Hadiri Misa Natal

Pilek Berat, Ratu Elizabeth II Batal Hadiri Misa Natal



Keluarga Kerajaan

Pangeran Charles dan istrinya Camilla menghadiri perayaan Hari Natal di Sandringham. (Foto: REUTERS/Phil Noble)
Untuk pertama kali dalam beberapa dekade terakhir, Ratu Elizabeth II tidak hadir dalam misa Natal kerajaan pada Minggu (25/12) lalu.
Menurut juru bicara Istana Buckhingham, Ratu Kerajaan Inggris itu menderita pilek berat sehingga tidak bisa menghadiri misa Natal. Suaminya, Pangeran Philip, Adipati dari Edinburgh, juga terserang flu parah.
Diberitakan Reuters, Senin (26/12), ini adalah kali pertama Elizabeth tidak menghadiri misa di Gereja Paroki St Maria Magdalena di Sandringham, Inggris Timur sejak tahun 1988.
Sebelumya sejak tahun 1960-an, Elizabeth bersama keluarga menghadiri misa Natal di istana Windsor. Tidak diketahui apakah sebelumnya pernah ada misa yang dilewatkan oleh Elizabeth.

Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II sedang menyampaikan suatu pidato. (Foto: UK Home Office via Wikimedia Commons)
Seorang fotografer Reuters mengungkapkan bahwa Pangeran Philip terlihat berjalan ke Paroki St Maria Magdalena dengan dituntun. Sedangkan Pangeran Charles yang merupakan pewaris tahta berjalan ke gereja bersama Camilla, Adipati dari Cornwall dan anggota keluarga kerajaan lainnya.
"Ratu akan pulih dari sakit pilek yang berat. Ia akan tinggal di dalam rumah untuk memulihkan dirinya," kata seorang juru bicara istana.
"Yang mulia akan berpartisipasi dalam perayaan Natal kerajaan siang hari," lanjut dia.

Ratu Elizabeth II Siaran Televisi

Ratu Elizabeth II Siaran Televisi untuk Natal. (Foto: David Joens via Flickr)
Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edward juga terlihat hadir di gereja bersama Pangeran Harry, putra kedua Pangeran Charles. Sementara Pangeran William, putra mahkota kedua, menghabiskan Natal bersama istri dan kedua anaknya di rumah orang tua Kate.
Akhir-akhir ini, Ratu Elizabeth II sering membatalkan perjalanan internasionalnya setelah lebih dari enam dekade bertahta. Namun ia masih sering melakukan tugas resminya di sekitar Inggris walaupun intensitasnya dikurangi.
Dahulu ayah Ratu Elizabeth II, Raja George VI, wafat di umur yang relatif muda yaitu 56 tahun. Sedangkan ibunya yang dikenal sebagai Ratu Elizabeth Sang Ibu Ratu hidup sampai 101 tahun dan masih tampil di depan publik jelang kematiannya di tahun 2002.

Raja George VI

Kunjungan HM Raja George VI ke No 617 Squadron (The Dambusters) pada 27 Mei 1943. (Foto: Royal Air Force via Wikimedia Commons)
Ratu Elizabeth II telah mempertahankan popularitas monarki Kerajaan Inggris walau ada perubahan situasi politik, sosial, dan budaya setiap tahun. Elizabeth menjadi ratu di usia ke-25 tahun pada 6 Februari 1952.
Dalam siaran Natal beberapa hari lalu, Ratu Elizabeth II mengutip ucapan Bunda Teresa yang meneladani Yesus Kristus. Bunda Teresa, ucap Ratu, telah melakukan hal-hal kecil dengan cinta.

Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth II bertemu Ibu Teresa dari Kalkuta (Foto: Public Domain Images)
"Tidak semua dari kita bisa melakukan hal-hal besar. Tetapi kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar," tutur Ratu Elizabeth II.
"Bisa dimengerti bahwa kadang kita berpikir bisa berbuat banyak untuk masalah dunia yang begitu besar," sambung ratu yang bernama kecil Lilibet ini.

NewsRatu InggrisNatalInternasionalInggris

500

Baca Lainnya