• 2

Presiden Jokowi: Selamat Donald Trump, Indonesia Siap Bekerja Sama

Presiden Jokowi: Selamat Donald Trump, Indonesia Siap Bekerja Sama


Baru saja miliuner Donald Trump memenangi pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. Trump kini menjadi presiden terpilih.

Banyak pemimpin dunia yang kemudian mengucapkan selamat kepada Trump. Salah satunya Presiden Joko Widodo.


Presiden Jokowi di Istana Bogor

Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Mendiktiristek M Nasir (Foto: Twitter Jokowi)


"Hasil pemilihan presiden tersebut mencerminkan kehendak rakyat Amerika Serikat," kata Presiden Jokowi dalam rilis yang diterima Kumparan, Kamis (10/11/2016).

"Saya mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Donald Trump dan Indonesia siap untuk melanjutkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Amerika Serikat," lanjutnya.

Selain Jokowi, ada pula Presiden Barack Obama yang langsung menelepon Trump kemudian mengundangnya ke Gedung Putih. Obama pun mengingatkan kepada para pendukung calon yang kalah untuk kembali berjuang demia Amerika Serikat.

"Semua orang sedih ketika sisi mereka kalah dalam pemilu. Tetapi sehari setelahnya, kita harus ingat kita sebenarnya berada di tim yang sama," ucap Obama.


Presiden terpilih AS Donald Trump



Ada juga Presiden Vladimir Putin yang siap memulihkan hubungan antara Rusia dengan Amerika Serikat setelah Trump resmi jadi presiden. Putin juga menekankan Rusia dan Amerika akan mencari jalan efektif untuk tantangan global.

Semua orang sedih ketika sisi mereka kalah dalam pemilu. Tetapi sehari setelahnya, kita harus ingat kita sebenarnya berada di tim yang sama

- Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama


"Putin menyatakan harapan untuk bekerja sama memulihkan krisis hubungan antara Rusia-Amerika dan juga untuk menekankan isu internasional dan mencari respons yang efektif terhadap tantangan keamanan global," tegas Putin.

Trump berhasil meraup suara electoral vote sebanyak 264. Sementara Hillary hanya meraup suara electoral vote sebanyak 215.

500

Baca Lainnya