Dalipin - empat pendekar

Kisah Empat Pendekar

tidak tertarik dengan banyak hal. insecure one trick pony.
13 Mei 2022 11:09
·
waktu baca 8 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dalam sepak bola, juga permainan beregu yang menuntut satu sama lain untuk saling berhadapan, taktik punya peran yang sangat penting. Akan tetapi, ia hanyalah satu dari sekian banyak komponen (aspek) untuk memenangi pertandingan. Ada persoalan psikologi kolektif (determinasi, semangat, mentalitas), fisik, skill, relasi (hubungan antar semua individu dalam satu tim), organisasi, dan strategi.
Strategi (rancangan besar untuk mencapai tujuan) dan taktik (tindakan spesifik yang harus dilakukan untuk mewujudkan strategi) banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal: karakter lawan, jenis kompetisi, tahap kompetisi sebelah mana, bermain di mana, dan hasil seperti apa yang ditargetkan (bisa cukup seri, harus menang dengan jumlah gol tertentu, dan lain sebagainya).
Sementara psikologi kolektif, relasi antar individu dalam tim, kemampuan fisik dan skill, serta bagaimana sebuah tim mengorganisasi diri adalah sebuah bangunan dasar yang sifatnya internal. Aspek tersebut dibentuk berdasar cara pandang baku pelatih atas permainan sepak bola, hingga menjadi sebuah refleks ketika sebuah tim harus turun bermain.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanplus
Sejarah, dan Borobudur adalah monumen kesejarahan, di antara lainnya, memberi rasa nyaman akan ketersinambungan eksistensi kita dengan masa lalu. Kolom Yusuf "Dalipin" Arifin, terbit tiap Jumat.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten