Tahun Politik - Dalipin

Menyongsong Annus Horribilis

tidak tertarik dengan banyak hal. insecure one trick pony.
11 November 2022 8:55
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tahun 2023 masih satu setengah bulan lagi tetapi sekadar membayangkannya saja saya sudah lesu. Tahun depan yang tinggal sepelongokan datangnya adalah tahun politik, tahun menjelang pemilihan presiden dan kepala daerah serentak Februari 2024. Politisi akan bermanuver terang-terangan untuk bersilat posisi tanpa menghiraukan apa pun kecuali untuk posisi yang diinginkan; akan bermunculan tak peduli siapa orangnya dan statusnya dalam percaturan politik yang tiba-tiba sok pakar dan aktivis politik semua (dan tentu saja merasa paling pintar dan benar serta pada saat bersamaan menihilkan yang tidak sepakat); bermunculan orang tidak jelas yang merasa dirinya penting; hidup aktifnya buzzer politik yang tujuan keberadaannya sepertinya hanya untuk memuja yang membayar dan menjelekkan lawan tanpa pertimbangan akibat; polarisasi yang carut-marut memecah hubungan persaudaraan, pertemanan, dan kolega.
Mungkin ini pandangan yang pesimis kelam. Tetapi belajar dari pemilihan presiden 2014 dan 2019 serta pemilihan kepala daerah selama 10 tahun terakhir, pesimisme kelam itu beralasan. Tanda-tandanya sudah mengarah lagi ke sana.
Bekerja untuk media ketika Anda tidak suka dengan urusan politik itu seperti kutukan. Anda bisa merasakan grengseng-nya lebih dahulu dari yang lain. Ketika Anda beruntung tidak harus terlibat dalam peliputan-peliputan politik, Anda tetap tidak bisa menghindar dari percakapan di keredaksian tentang manuver dari bermacam tokoh dan aspiran politisi yang seawal mungkin ingin menancapkan kuku untuk 2024. Sudah dari enam bulan yang lalu, mungkin lebih, suasana menghangat terasakan.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten