Boneka Arwah - Dalipin - kumplus

Takhayul

tidak tertarik dengan banyak hal. insecure one trick pony.
7 Januari 2022 9:13
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Semasa kanak-kanak, bersama teman-teman sekampung, saya suka mencoba bermain jelangkung. Mencoba, karena sepanjang ingatan, selama saya terlibat dalam permainan itu, tak sekalipun kami berhasil. Tetapi selalu saja ada di antara kami yang bersaksi bahwa mereka telah melihat dan mengalami sendiri.
Kami mendatangi anak—lebih dewasa dari kami tentu saja—yang katanya bisa menghidupkan jelangkung, tetap tak berhasil. Kami mencoba melakukannya di rumah kosong, tak berguna. Pernah mencoba di samping permakaman kampung, gagal. Memilih waktu tengah malam, gagal juga.
Pun demikian, cerita bahwa jelangkung (gayung batok didandani kain jarik melilit serupa boneka), setelah diberi doa agar kerasukan roh, bisa hidup dan konon memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan tetap menghiasi pembicaraan (dan keyakinan) kami semasa kanak-kanak bila berbicara tentang makhluk halus. Jelangkung hanyalah salah satunya tentu saja.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Orang dengan kuasa kerap merasa apa yang berlaku buat orang umum tidak berlaku buat mereka. Saya tak akan terkejut kalau model Rachel Vennya dan Ahmad Dhani itu lebih banyak lagi. Kolom Yusuf Arifin, terbit tiap Jumat, hanya di kumparanplus.