Ilustrasi "memberontak pendidikan terbuka"
20 September 2021 10:05
·
waktu baca 4 menit

Theory of Everything, Sementara dan Tak Lengkap

Ketika suatu saat saya mengatakan kepada beberapa teman bahwa Sapiens: A Brief History of Human Kind (2014) adalah sebuah buku campuran antara imajinasi-spekulasi, fakta, dan realita-realitas, mereka mengernyitkan dahi dan kemudian tertawa.
Untuk beberapa saat saya menjadi bahan guyon mereka (atau mungkin diam-diam sampai sekarang masih demikian). Mereka menganggap saya merancaukan—menganggap sama—antara fiksi dan non-fiksi. Saya semakin tak mengerti ketika kemudian mereka menyimpulkan saya pasti menganggap Sapiens sebagai buku fiksi.
Mungkin saya tidak cukup cakap menyampaikan argumen. Mungkin buku karangan Yuval Noah Harari terlanjur diterima sebagai sebuah patokan pencapaian intelektual—direkomendasi oleh tokoh-tokoh internasional karenanya pasti benar—sehingga pendapat apa pun yang berbeda dianggap tidak ilmiah dan layak ditertawakan. Atau mungkin saya sesungguhnya memang tidak paham saja dan berkemampuan terbatas.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Relasi kuasa dalam utang-piutang menyediakan karcis bagi pemilik modal untuk berbuat apa saja. Ekstremnya, pihak pengutang seperti menyerahkan nyawa. Bagaimana dalam utang-piutang antarnegara?