kumparan
10 Mei 2019 9:21 WIB

3 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan

Berdoa baik sebelum maupun seusai aktivitas akan menambah keberkahan.
Ada tiga hal yang tidak boleh kita lupakan saat melakukan hal-hal baik. Tiga hal ini sangat penting dan menjadi dasar bagi segala hal baik yang kita lakukan, agar segala hal baik tersebut mendapat nilai ibadah di mata Allah SWT. Terlebih, di bulan Ramadan ini di mana setiap kebaikan akan mendapatkan balasan berlipat ganda.
ADVERTISEMENT
  1. Niatkan segala aktivitas yang bernilai baik menjadi ibadah kita kepada Allah.
Contoh, di kantor ada kawan kita yang kurang paham akan pekerjaan yang diberikan atasannya. Sementara, kita tahu dan mengetahui bagaimana mengerjakan tugas tersebut. Lalu, kita ajarin nih teman kita, sehingga dia bisa mengerjakan apa yang menjadi tugasnya tersebut.
Maka, bila kita meniatkan apa yang kita ajarkan tersebut sebagai ibadah kepada Allah SWT, maka pengajarannya itu bernilai ibadah. Bukan sekadar kebaikan dunia belaka. Pokoknya niatkan ibadah, niatkan ibadah, niatkan ibadah, terhadap apapun yang akan kita lakukan.
  1. Mulai segala sesuatu dengan membaca basmalah (bismillahirrahmanirrahim).
Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW, setiap kebaikan yang diawali dengan basmalah, maka keberkahannya ada. Dan bila tidak membacanya, maka tidak akan ditemukan keberkahan.
ADVERTISEMENT
Membaca basmalah ini, nih, yang selalu kita remehkan sehingga sering terlewat. Kebanyakan kita membaca basmalah hanya sedang saat ingin makan saja. Padahal di banyak aktivitas di kehidupan ini, kita memerlukan keberkahan dalam setiap sudutnya.
Membaca basmalah itu sama dengan memberikan keberkahan di setiap gerakan aktivitas yang kita lakukan. Jadi, mulai sekarang, biasakan baca basmalah dalam setiap aktivitas. Pergi ke sekolah baca basmalah, pergi ke kantor baca basmalah, mau menulis awali dengan basmalah, mau rapat awali dengan basmalah.
  1. Lakukan hanya yang baik-baik.
Jaga diri hanya dengan mengerjakan hal-hal baik saja. Jika kita bisa menjaga diri dengan melakukan hal baik saja, insyaallah hanya hal-hal baik saja yang akan kita dapat dari Zat Yang Memelihara kehidupan ini. Kendati pun ada hal buruk terjadi, maka itu hanyalah sebagian dan ujian-Nya saja, atau untuk menyadarkan kita, bahwa kita ini masih manusia.
Ilustrasi berdoa Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan