kumparan
6 Sep 2019 10:03 WIB

Dosa, Penghalang Keberkahan untuk Hidup Manusia

Ilustrasi salah memilih jalan. Dok: Pixabay.
Di tulisan sebelumnya kita sudah membahas, apabila kita sudah bisa tahu ada yang salah dalam tindakan kita memulai sesuatu yang menyebabkan kita terpuruk, padahal merasa itu adalah hak kita, maka langkah pertama adalah dengan bertaubat.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa lagi setelah itu?
Penyebab utama kita terhalang dari sebuah keberkahan hidup itu cuma dosa. Cuma masalahnya adalah ada yang sadar, ada yang enggak.
Sehingga dari sini, lahirlah 10 dosa besar. Dulu ke mana-mana saya bawa kertas yang berisi 10 dosa besar. Jadi, ketika ada yang tanya, “Ustaz, kok saya susah jodoh sih?” Saya sodorin tuh kertas saya minta conteng mana yang telah dan sering dilakukan.
  1. Menyekutukan Allah (Syirik)
  2. Meninggalkan salat (termasuk mengulur waktu salat)
  3. Durhaka kepada kedua orang tua
  4. Melakukan zina (termasuk mendekati)
  5. Rezeki yang haram
  6. Mabuk (minum miras)
  7. Memutuskan silaturahmi
  8. Bersaksi palsu (menuduh orang berzina)
  9. Kikir (pelit)
  10. Bergunjing atau ngerumpi (ghibah)
Nah, sekarang coba cek diri kita. Ada enggak dari 10 dosa besar ini yang nyangkut bahkan masih akrab ama kehidupan kita sehari-hari? Cermati dengan baik, kalau bisa satu dosa diinget-inget dalam satu hari.
ADVERTISEMENT
Maka, yang harus kita lakukan ketika telah menyadari kita pernah melakukan satu dari 10 dosa besar tersebut adalah bertobat. Memohon ampun pada Allah dengan melakukan salat sunnah tobat serta bersungguh-sungguh dalam hati dan perbuatan untuk menjauhi perbuatan itu sehingga tidak terulang kembali.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan