kumparan
8 September 2019 9:55

Kenali Hak Allah

Ilustrasi menjalankan ibadah salat. Foto: Shutterstock
Segala kesulitan dan permasalahan jika Allah sudah berkehendak, maka permasalahan dan kesulitan itu tidak akan jadi masalah buat kita. Lagi pula enggak usah khawatir, masalah dan kesulitan itu yang ngasih Allah, maka Dia pula yang akan memberikan kita jalan keluarnya. Kuncinya, ya, itu tadi, kita tahu akan hak Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Saya yakin kita semua pasti selalu punya masalah. Ada yang punya utang belum terbayar, ada yang tidak kunjung menikah meski umur sudah memasuki masa-masa emas, ada yang selalu mendapat sakit dan musibah lainnya, banyak yang diuji dalam rumah tangga dan lain sebagainya.
Nah, jika itu terjadi dan rasa-rasanya enggak mau menjauh dari kita, maka bisa jadi kita belum mengenal hak Allah. Atau selama ini kita mengabaikan hak Allah. Maka kuncinya, penuhi hak Allah, maka Allah juga akan memperhatikan kita.
Bayangkan, sebuah garis lurus yang menggambarkan waktu 24 jam yang kita punya. Lalu dalam garis lurus tersebut kita tulis aja apa yang sudah kita lakukan.
Kita akan menemui banyaknya hak Allah yang kita abaikan. Misalnya, kita disuruh salat subuh, tetapi kita malah asyik masuk selimut. Padahal, Allah menunggu kita untuk bersujud, rukuk, dan berdoa kepada-Nya. Tetapi kita malah mengabaikan dan sama sekali tidak menaruh perhatian. Itu yang wajib, belum lagi jika kita bicara amalan-amalan sunah.
ADVERTISEMENT

Maka kuncinya, penuhi hak Allah maka Allah juga akan memperhatikan kita.

Ini belum bicara amalan pagi, siang, dan sore. Belum bicara bagaimana maksiat kita, dosa kita yang suka menyakiti saudara lewat lisan. Atau bagaimana kita mencari rezeki, gimana? Makin jauh saja 'kan performa kita?
Selagi ada kesempatan, yuk, kita penuhi hak-hak Allah. Insyaallah, jika kita sudah melaksanakan apa yang menjadi hak Allah atas kita, maka Allah akan selalu hadir dalam kehidupan kita dalam setiap kesempatan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan