Ilustrasi mengajarkan anak mengaji
20 April 2021 10:54

Khalifah Mempunyai Arti yang Banyak Sekali

Silakan buka Qur’an Surat Al Baqarah ayat 30. Mumpung Ramadhan kita geber tadabbur Qur’an.
ADVERTISEMENT
Kalau seseorang membuat sebuah kebijakan juga peraturan, atau seseorang mem-posting perkataan juga percakapan, maka, nanti akan ada namanya resistensi, penolakan, pertentangan.
Nah, di Al-Baqarah ayat 30, Allah mengalami resistensi dari makhluk lain yakni malaikat. Bayangkan, malaikat yang sebegitu taat dan sebegitu patuhnya sama Allah aja mempertanyakan. “Udahlah payah manusia mah, kami ini aja memangnya tidak cukup ya Allah? Kami bertasbih serta memuji juga mensucikan nama-Mu setiap hari, juga setiap waktu.”
Malaikat sudah tahu juga, tuh. Karena manusia ada kejelekannya. Allah memang sengaja tidak menutupi kejelekan itu. Apa kejelekannnya? Silakan buka Qur’annya kemudian lihat terjemahannya yah.
Oke, kita baca yang awal dulu. Kata Allah, “Aku hendak menjadikan di muka bumi ini khalifah.”
ADVERTISEMENT
Nah, Khalifah ini mempunyai arti yang banyak sekali. Karena bahasa Arab itu punya arti di Indonesia yang banyak sekali. Satu kata bisa punya banyak makna.
Khalifah ini bisa berarti pemimpin, bisa berarti penguasa, pemilik, pengendali, penikmat juga artinya penentu serta pengguna. Di mana? Fil ardhi, di muka bumi.
Handphone berada di mana? Di luar angkasa ada handphone gak?
“Gak ada sinyal Ustaz!” Hehehe.
Khalifah Mempunyai Arti yang Banyak Sekali (161227)
Ilustrasi mengajarkan anak mengaji Foto: Shutterstock
Yang pakai handphone binatang atau manusia? Manusia, kan? Nah, jadi terhadap handphone nih, kita adalah khalifah, penguasa, pengguna.
Maka jangan sampai terbalik, jangan handphone jadi khalifahnya, jadi pemimpin kita, jadi penguasa kita. Jangan handphone yang mengendalikan kita.
Begitulah kiranya. Wallahu ‘alam.