Cover- Yusuf Mansur
23 November 2020 8:46

Mau Cepat Masuk Surga? Saling Memaafkan

Mau Cepat Masuk Surga? Saling Memaafkan (596)
Yusuf Mansur. Foto: kumparan.
Mungkin kita pernah denger ya, orang minta maaf, dia yang keinjek tapi dia yang minta maaf. “Maaf ya pak, kaki bapak nginjek kaki saya.” Tapi, ada orang yang punya prinsip, begitu dia keinjek sama orang, terus dia liat yang nginjek bahagia, apa kata dia? “Pak, masih ada satu kaki lagi.” Hehehe. Masya Allah.
ADVERTISEMENT
Saya termasuk yang nerapin tuh. Dengan izin Allah saya tau ada satu orang yang ngejar-ngejar kita, yang nyari tau apa aja kesalahan kita. Dan kita tau dia memang hidup dari situ. Terus saya ngobrol dah sama istri, “Yaudah kalau emang dia rezekinya dari situ, kita rida aja, biar rezekinya halal.”
Ada orang yang abis difitnah sampai dia keluar dari kerjaannya. Tapi, yang memfitnah itu dilihat sama yang tadi difitnah, bahwa naik kariernya. Lalu apa yang dilakukan difitnah tadi? Dia ridain, bahkan didoain biar naik terus jabatannya. Allahu Akbar, hebat banget.
Bukan aib orang tua minta maaf ke anaknya, yang gedean minta maaf sama yang kecilan, yang punya kekuatan minta maaf sama yang lemah. Itu kemuliaan, bukan aib. Dan memberi maaf itu melepas beban. Enteng kehidupan. Karena dendam dan amarah itu kebusukan.
ADVERTISEMENT
Coba deh, amalan yang gampang bikin orang masuk surga. Kelar dah urusan. Lihat Allah, segitu tinggi, maha kuasa, maha baik. Nabi Adam disiapin mulai dari gak ada sampai ada. Dikasih segala keperluan dan kebutuhannya agar dia bisa menjadi khalifah dan bener jadi khalifah.
Lalu Nabi Adam durhaka sama Allah. Di depan mata Allah, dalam pengawasannya Allah, di surganya Allah sendiri, Nabi Adam kemudian melanggar aturan.
Tapi, apa kata Allah? “Udah, Adam mah kegelincir doang.” Gak murka tuh. Cuma karena ada aturan, maka Adam keluar dari surganya Allah.
Keluarnya juga dianterin. Allah gak buang muka. Bahkan setan pun yang jelas-jelas durhaka dan sombong di hadapan Allah, masih dikabulin permintaannya buat ngegoda anak cucu Adam. Allahu Akbar.
ADVERTISEMENT
Mudah-mudahan satu Indonesia adem, satu dunia adem. Satu dunia saling memaafkan. Dan ini berlaku di mana aja urusannya. Maafinlah dengan bahagia. Maafin dengan mendoakan.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white