BTS Jadi Aktor Hubungan Internasional?

Mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Brawijaya
Konten dari Pengguna
15 Mei 2022 9:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Zubaidah Setiyani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Mengapa BTS dapat Dikatakan Sebagai Aktor Hubungan Internasional?

BTS Jadi Aktor Hubungan Internasional? (57436)
zoom-in-whitePerbesar
Potret boy band asal Korea Selatan, BTS hadiri Markas, New York, Amerika Serikat. (20/09/2021) Foto: https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1632202338/c5gklgotkv3rwssw2hgw.jpg
BTS merupakan salah satu musisi terbesar di dunia yang berasal dari Negeri Gingseng, Korea Selatan. Boy grup tersebut beranggotakan tujuh orang, yaitu: RM (leader), V, Jung-kook, Jin, J-Hope, Jimin, dan Suga. Untuk yang ketiga kalinya BTS memenuhi undangan PBB secara langsung ke New York untuk menghadiri UNGA ke-76 serta memberikan pidato disana. (20/09/2021)
ADVERTISEMENT
Saat itu BTS dipilih sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan yaitu Moon Jae-in, menghadiri Sidang Umum PBB. Dalam pidatonya BTS sangat menginspirasi banyak anak muda agar tetap semangat meraih mimpinya. Selain itu, mereka juga membicarakan betapa pentingnya peduli terhadap permasalahan dunia terutama perubahan iklim dan mengenai anak muda.
Lalu mengapa BTS dapat menjadi perwakilan Korea Selatan? Hal tersebut terjadi karena, jika dilihat kembali BTS ini memiliki warna lagu yang berbeda dengan lagu hits anak muda kebanyakan. Banyak lagu BTS yang menceritakan pengalaman mereka di dunia musik saat masih belum dihargai oleh dunia entertainment korea.
Pada November 2017 lalu, BTS merilis trilogi khusus selflove pertamanya pada album Love Yourself: Her dengan tittle track yang berjudul DNA booming di pasar Amerika Serikat. Kemudian nonfans Korea Selatan mulai melihat bahwa tema yang diambil sangat relevan dengan kondisi anak muda di sana. Terbukti dengan menurunnya angka bunuh diri beberapa tahun terakhir. Hal tersebut terdengar sampai UNICEF Korea dan akhirnya memutuskan untuk bekerja sama membuat kampanye Love Myself. Setelah BTS ditunjuk sebagai duta Love Myself, saat rapat besar, PBB membahas mengenai Gen Z. Sebagai duta BTS diminta untuk bersuara.
BTS Jadi Aktor Hubungan Internasional? (57437)
zoom-in-whitePerbesar
Kampanye Love Myself yang dilakukan atas kerja sama antara UNICEF Korea dengan BTS. Foto: https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1537865441/bts_unicef_gn8bvv.jpg
Sebelum BTS secara full member hadir di PBB, Namjoon (RM), berkesempatan hadir terlebih dahulu untuk berpidato di Markas Besar PBB tentunya mewakili suara BTS untuk menyuarakan kampanye Love Myself. BTS juga melengkapi triloginya di tahun 2018 Love Yourself: Tear dan Love Yourself: Answer tahun 2019, di mana konsepnya tidak berhenti di sana. Sampai sekarang kampanye tersebut tetap berjalan.
ADVERTISEMENT
Selain sebagai duta Kampanye Love Myself, BTS juga mewakili dan banyak memotivasi anak muda. Konsep band yang diambil juga berkaitan dengan anak muda. Bangtan sonyeondan / bangtan boys adalah kepanjangan dari BTS itu sendiri, ya
ng artinya anak laki-laki antipeluru atau kuat. BTS juga mempunyai fans yang disebut dengan "ARMY"yang memiliki kepanjangan Adorable Representative M.C for Youth.
Sekitar tahun 2015, BTS merilis album tentang masa muda, seperti Youth dan HYYH: Young Forever. Jadi, selain memotivasi, memang cocok dengan bahasan PBB saat itu. Pada UNGA 2021 ini, akhirnya semua member dapat berpidato. Member satu persatu berpidato mengenai masa muda mereka dan harapan mereka untuk kedepannya. Hal tersebut juga bertepatan dengan rilisnya Permission to Dance yang mana liriknya relevan dengan anak muda dan apa yang ditakutin sama anak muda, yaitu takut jatuh terpuruk.
ADVERTISEMENT
Pada awal tahun 2020, awal terjadinya Covid-19, BTS diundang dalam live stream YouTube yang berjudul "Dear Class 2020". Acara tersebut bertujuan untuk menggantikan angkatan 2020 yang saat itu gagal mengadakan wisuda (Di Eropa sebagai ganti wisuda mereka, wajib untuk menonton live stream ini . Di sana BTS berpidato tentang kembali lagi kepada anak muda bagaimana menjalankan hidupnya yang baru. Pada 2018 mereka ngomongin tentang selflove yang berkaitan dengan pidatonya. Inti dari pidato tersebut yaitu "apapun yang terjadi, baik itu bahagia, jatuh, senang, sedih, life goes on, lets live on" (07/06/2020). Kemudian pada bulan Agustus, BTS comeback dengan tittle tracknya Life Goes On. Life Goes On memiliki konsep yang meceritakan bagaimana cara mereka survive di masa pandemi ini.
ADVERTISEMENT
BTS dinilai tidak hanya asal berbicara atau berpidato saja tetapi tidak ada praktiknya. Mereka benar-benar men-support anak muda dan usaha-saha yang sedang bertahan marena pandemi. HYBE: Entertainment, sebagai agensi yang menaungi BTS, turut andil dalam hal tersebut dengan cara menurunkan tarif BTS untuk tampil.
Terdapat alasan lain UNICEF Korea bekerja sama dengan BTS yaitu karena mereka berjiwa sosial tinggi. Setiap album yang dijual, sekitar 2-3% pendapatannya disumbangkan untuk Korea Selatan. Hal tersebut juga memberi dampak baik, dengan membeli album, ARMY juga dapat menyumbang.
BTS Jadi Aktor Hubungan Internasional? (57438)
zoom-in-whitePerbesar
Jejeran benderan negara anggota PBB. Foto: Pixabay / JoshuaWoroniecki
Lalu, apa hubungannya dengan Hubungan Internasional?
Tentu saja ada, karena "diikuti dan menjadi panutan orang banyak" sehingga dapat memberi dampak bagi banyak orang. Namun, perlu diketahui bahwa tidak hanya aktor politik atau hukum saja yang dapat dikategorikan sebagai aktor internasional. Artis, musisi, aktor, seniman, dan lain-lain juga dapat disebut dengan aktor Hubungan Internasional.
ADVERTISEMENT
Pada kasus BTS, BTS memberi dampak besar melalui karya-karyanya yang memang berkaitan dengan anak muda, dimana posisi anak muda sangat besar. Jika sudah sampai berskala global maka impact yang dihasilkan akan sangat besar pula. Sehingga mereka dapat dikatakan sebagai aktor hubungan internasional.
Tidak hanya BTS saja yang pernah berpidato saat sidang umum PBB, sederetan artis Hollywood, yaitu: Beyoncé (2012), Leonardo DiCaprio (2014), Emma Watson (2014), Shakira (2015), Victoria Beckham (2014), David Beckham (2019) dan Jason Momoa (2019).
Namun apakah mereka yang hanya berpidato pada sidang umum PBB saja yang dapat dikatakan aktor Hubungan Internasional? Jawabannya tidak.
Terdapat pula tokoh-tokoh yang menginspirasi dunia melalui karya-karyanya yang memotivasi, seperti Jackie Chan, John Lennon, Michael Jackson, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020