Tekno & Sains
·
16 Desember 2020 9:29

Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia, Apa Saja Peninggalannya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia, Foto: Dok. Perpustakaan.id

Sejumlah kerajaan Hindu-Buddha tersebar luas hampir di seluruh wilayah nusantara. Keberadaannya berhasil mencetak sejarah yang cukup berarti. Ajaran agama Hindu-Buddha di Indonesia meninggalkan sejumlah pengaruh yang signifikan bagi kehidupan sosial masyarakat hingga sekarang.

ADVERTISEMENT

Berkembangnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia meninggalkan beberapa ornament sejarah yang hingga kini masih dilestarikan. Bahkan tak jarang, beberapa peninggalan sejarah semasa Hindu Buddha ini dijadikan tempat wisata bagi masyarakat.

Peninggalan-peninggalan Semasa Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Berikut adalah beberapa peninggalan sejarah semasa kerajaan Hindu Buddha di Indonesia yang berhasil dirangkum oleh tim Kumparan dari berbagai sumber:

1. Prasasti atau Batu Tertulis

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Prasasti, Foto: Dok. Kemendikbud

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hampir setiap kerajaan bercorak Hindu-Buddha memiliki peninggalan berupa batu tertulis atau dikenal dengan prasasti. Pada prasasti-prasasti ini tertulis huruf Pallawa dengan bahasa Sansekerta, Jawa Kuno hingga Melayu Kuno.

2. Candi

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Candi Borobudur, Foto: Dok. Kemendikbud

Candi adalah sebuah bangunan kuno yang terbuat dari batu sebagai tempat untuk memuliakan raja-raja yang telah meninggal. Konon, istilah ini muncul dari salah satu nama untuk Dewi Drugha, yakno Candika. Namun, bukan mayat atau jenazahlah yang disimpan dalam candi, melainkan potongan logam, bebatuan dan juga sesaji. Bagi agama Hindu, candi berfungsi sebagai makam, sementara bagi agama Buddha candi digunakan sebagai tempat pemujaan.

ADVERTISEMENT

3. Patung atau Arca

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Arca, Foto: Dok. Kemendikbud

Arca adalah sebuah seni patung yang berbahan dasar batu yang dipahat menyerupai bentuk orang maupun binatang. Konon, dalam pembuatan arca ini tidak boleh sembarangan lho. Karena pada ajaran Hindu atau Buddha, arca digunakan untuk keperluan keagamaan. Lokasi arca tidak selalu ditemukan dekat dengan candi, meskipun beberapa candi bisa jadi memiliki sebuah arca.

4. Kitab

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kitab Sutasoma, Foto: Dok. Kemendikbud

Kitab juga menjadi salah satu peninggalan sejarah semasa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Kitab-kitab ini pun isinya beragam, mulai dari hubungan keluarga kerajaan, hingga kisah hidup para raja yang pernah menduduki kerajaan-kerajaan tersebut. Beberapa kitab popular peninggalan kerajaan Hindu Buddha adalah Kakawin Sutasoma, Kakawin Nagarakretagama, Pararaton dan masih banyak lagi.

Nah, itulah sejumlah peninggalan semasa sejarah kerjaan Hindu Buddha di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan kamu tentang sejarah nusantara ya!

ADVERTISEMENT

(RYFA)

1608080210196432805
Bagikan: