Pengalaman Mengikuti Program MBKM MSIB Batch 3 di Binar Academy

Devina Margarita
Mahasiswa UPN Veteran Jatim- Informatika
Konten dari Pengguna
23 Desember 2022 10:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Devina Margarita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Awal dimulainya kelas di Binar Academy (01/08/2022). Sumber : Telegram grup kelas
zoom-in-whitePerbesar
Awal dimulainya kelas di Binar Academy (01/08/2022). Sumber : Telegram grup kelas
ADVERTISEMENT
Binar Academy merupakan program Pendidikan non formal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Binar academy bekerja sama dengan Kampus Merdeka untuk bergabung dalam program MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) yang fungsinya sebagai wadah untuk menyiapkan dan melatih mahasiswa agar menjadi lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan IPTEK, sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.
ADVERTISEMENT
Binar Academy telah membuka pendaftaran Studi Independen Batch ke-3 dan telah menerima lebih dari 550 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Binar academy di Studi Independen batch ke-3 membuka tujuh jenis bidang pembelajaran, yaitu UI/UX Research & Design, Product Management, Full Stack Web Development, Android Engineering, Backend Javascript, Front End Java Script, dan Back End Java. Disini saya Devina Margarita, mengikuti pada bidang pembelajaran UI/UX Research & Design yang dimulai dari tanggal 1 Agustus 2022 hingga awal januari 2023.
Banyak hal yang saya dapatkan dalam program ini, yang tidak saya dapatkan ketika di perkuliahan. Memang jika dalam perkuliahan, terkait UI/UX ada pembelajarannya, tetapi hal yang dijelaskan tidaklah terlalu mendetail. Sebagai mahasiswa saya merasakan bahwa selama mengikuti kegiatan program ini hingga selesai, kemampuan saya dalam hardskill dan softskill jauh lebih pesat perkembangannya.
ADVERTISEMENT
Pembelajaran yang diterapkan ada beberapa tingkatan level, yaitu level silver, level gold, dan level platinum, setiap mahasiswa mengikuti kelas secara asynchronous dan synchronous (Terdapat pembelajaran bersama antara mahasiswa dan fasilitator secara online dan juga pembelajaran yang dilakukan dengan Learning Management System (LMS) dimana materi sudah disiapkan di google classroom dan bisa diakses oleh mahasiswa kapan saja) dimana seluruh mahasiswa juga dapat bertanya terkait materi yang dipelajarinya melalui grup diskusi. Ketika memasuki level platinum atau pembelajaran terakhir, diberikan sebuah proyek akhir yang harus diselesaikan agar dapat lulus dari Binar Academy.
ADVERTISEMENT
Pada berjalannya pembelajaran, saya merasakan bahwa softskill saya sangat dilatih, karena di setiap chapternya selalu diberikan tugas challenge individu dimana setiap akhir dari beberapa chapter tersebut, harus dipresentasikan. Sehingga saya merasa, dari yang awalnya saya pemalu menjadi seseorang yang harus lebih berani dan percaya diri.
Tidak hanya tugas individu saja, tetapi di setiap chapternya selalu diberikan tugas team dan ketika kelas online berlangsung, fasilitator selalu membuatkan breakout room bagi setiap team agar bisa berdiskusi. Sehingga disini sangat melatih saya bagaimana menjalin kerjasama dan menyatukan ide serta pikiran.
Terlebih lagi ketika memasuki level platinum. yaitu level terakhir untuk pengerjaan final projek. Dalam pengerjaan final projek nya dikerjakan secara team, tetapi team yang digunakan adalah team yang baru lagi dan merupakan team gabungan dari beberapa bidang pembelajaran. Sehingga sangat melatih sekali, bagaimana jika saya suatu saat nanti dihadapi situasi seperti ini, dimana saya harus bisa bersosialisasi lagi dengan orang baru dan harus menyelesaikan suatu permasalahan secara bersama.
ADVERTISEMENT
Tim pengerjaan final projek pada saat memasuki level platinum (Tim UI/UX dan Tim Product Management) (23/11/2022). Sumber : Whatsapp grub tim
Saya ucapkan terima kasih kepada Binar Academy, karena telah mengajarkan saya banyak hal dalam hardskill dan softskill yang dapat meningkatkan kemampuan saya. Sehingga saya harapkan untuk Binar Academy bisa selalu semangat dan konsisten dalam mengajarkan ilmu terkait teknologi informasi kepada putra putri bangsa Indonesia, baik dari program MBKM MSIB ataupun program bootcamp yang lainnya.
Bagi seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia, saya merekomendasikan untuk bisa mengikuti program MBKM Studi Independen Bersertifikat ini, karena pasti akan banyak sekali hal bermanfaat yang bisa didapatkan. Silahkan lakukanlah pendaftaran di Website resmi Kampus Merdeka.