Ojek Online, Transportasi Masa Kini

hhn bbb nbn nnn nn bb nwwn ejej wjwj jwjwj ej ejbwb
Konten dari Pengguna
30 Agustus 2021 10:14
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari jjbbb tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Foto: https://pixabay.com/id/photos/jakarta-lalu-lintas-jalan-bepergian-6167856/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Foto: https://pixabay.com/id/photos/jakarta-lalu-lintas-jalan-bepergian-6167856/
ADVERTISEMENT
Transportasi digunakan masyarakat untuk mempermudah aktivitas keseharian mereka seperti bekerja, bersekolah, bepergian maupun aktivitas lainnya. Kebanyakan masyarakat masih menjadikan angkutan umum sebagai pilihan utama mereka yang tampaknya tidak diimbangi dengan penyediaan angkutan umum yang memadai, terutama ditinjau dari kapasitas angkut. Dengan banyak masalah yang timbul di perkotaan seperti kemacetan lalu lintas, kurangnya pelayanan dan kondisi angkutan umum yang masih belum memadai. Menurut (Munawar, 2007) kemacetan lalu lintas akan selalu menimbulkan dampak negatif, baik terhadap pengemudinya sendiri maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. Bagi pengemudi kendaraan, kemacetan akan menimbulkan ketegangan. Masalah lain juga timbul dengan banyaknya tindak kriminal pada angkutan umum, semakin menambah ketidaknyamanan masyarakat akan angkutan umum konvensional
ADVERTISEMENT
Transportasi online muncul di tengah kondisi sistem transportasi di Indonesia yang belum tertata dengan baik. Beberapa perusahaan besar berlomba untuk membentuk perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, beberapa di antaranya adalah Gojek, Grab, Uber dan juga Maxim. Bagi sebagian orang transportasi online merupakan solusi atas sistem transportasi yang masih buruk, namun di sisi lain merupakan masalah bagi orang-orang yang menggantungkan hidup dari jasa transportasi yang tidak mengandalkan teknologi.
Moda transportasi pilihan masyarakat yang sebelumnya bersifat offline saat ini telah berinovasi menjadi bersifat online dan lebih modern.
Schumpeter dalam (Hamid, 2017) memperkenalkan sebuah inovasi sebagai:
1. Memperkenalkan suatu barang (dapat diartikan teknologi) baru.
2. Menggunakan cara baru dalam memproduksi barang.
3. Memperluas pasar suatu barang ke daerah-daerah yang baru.
ADVERTISEMENT
4. Mengadakan reorganisasi dalam suatu perusahaan.
5. Mengembangkan sumber bahan mentah yang baru.
Di akhir tahun 2014, walaupun Uber dan Grab telah masuk ke pasar Indonesia, hampir tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bila layanan ojek online akan menjadi sesuatu yang besar pada tahun ini. Setahun berselang, berkat kehadiran aplikasi GO-JEK pada bulan Januari ojek online langsung menjadi salah satu bisnis startup yang paling populer di Indonesia. Dalam rentang waktu dua belas bulan, GO-JEK berkembang dari sebuah aplikasi ponsel pintar menjadi sebuah layanan besar, yang kemudian diikuti oleh perusahaan Grab dengan layanan GrabBike.
Ojek yang merupakan kendaraan motor roda dua ini menjadi transportasi yang sangat efektif. Dengan memesan melalui aplikasi akan memungkinkan para pengguna untuk dapat memesan ojek secara online. Para driver telah dilengkapi dengan handphone berbasis android dengan tujuan memudahkan para driver dalam berhubungan dengan para penumpang dan dapat dengan mudah memperoleh rute terbaik untuk melakukan pengantaran penumpang.
ADVERTISEMENT
Penggunaan fitur GPS sebagai bentuk dari teknologi memberikan kesempatan untuk memperoleh kepastian mengenai jarak, waktu dan arah. Fitur GPS yang digunakan pada transportasi ojek mampu melacak keberadaan armada tersebut, sehingga pengguna dapat memperoleh peluang untuk mendapatkan kepastian dalam hal jarak dan waktu
Seiring berkembangnya perusahaan ojek online di Indonesia, mereka semakin menciptakan kelebihan-kelebihan baru yang hampir dapat ditemui di semua aplikasi perusahaan seperti Go-Jek, ataupun Grab, seperti
1. Harga yang lebih murah dan ekonomis
Pengguna ojek online tak perlu sangsi dan cemas uang jika memakai ojek online. Konsumen cuman dikenai ongkos Rp.8.000 sampai Rp.10.000 untuk empat kilo pertama. Juga terdapat banyak promo-promo menarik jika membayar menggunakan saldo dari aplikasi seperti Go-Pay untuk Go-Jek atau OVO untuk Grab
ADVERTISEMENT
2. Adanya fasilitas beli makanan secara online
Aplikasi penyuplai service ojek online sediakan service untuk pesan makanan untuk anda yang ingin membeli, tapi sedang malas untuk langsung ketempat penjualnya. Anda perlu memakai service gofood untuk program gojek dan service grabfood untuk program grab. Di menu service itu telah tercatat bermacam tempat untuk beli makanan. Anda hanya akan dikenai biaya kirim untuk pengiriman ke tempat yang di tuju.
3. Antar/titip barang jadi lebih mudah
Aplikasi ojek online bukan hanya untuk jemput dan mengantarkan penumpang saja, tapi dalam program ini ada service mengantar barang. Anda perlu pesan service go-send untuk program gojek dan grab kilat untuk program grab.
Pemakai service ini tak perlu sangsi atau takut barang yang diberi untuk diantarkan tidaklah sampai ke tujuan. Karena data driver ojek online sudah disimpan di perusahaan tempat driver itu tercatat.
ADVERTISEMENT
Transportasi online menawarkan kemudahan, biaya yang lebih murah, kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang beralih dari transportasi konvensional ke transportasi online. Bahkan kini seluruh aplikasi Ojek online yang ada di indonesia sudah memasukan sistem taksi roda empat, kurir makanan online, bahkan jasa titip barang secara online.
Pemesanan melalui aplikasi yang mudah membuat Ojek online diterima dengan cepat di kalangan masyarakat, serta berbagai macam pilihan layanan yang diberikan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang jasa (Anis Agustin, 2017)
Daftar Referensi:
- Agustin, A. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) Di Surabaya dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 9, September 2017, ISSN : 2461-0593.
ADVERTISEMENT
- Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 149-156.
- Hamid, E. S. (2017). Disruptive Innovation : Manfaat Dan Kekurangan Dalam Konteks Pembangunan Ekonomi, 1–20.
- Munawar, A. (2007). Pengembangan Transportasi yang Berkelanjutan.
- Tumuwe, R., Damis, M., & Mulianti, T. (2018). Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
- Ruangojol.com. (2021, 27 Februari). Inilah 5 Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Ojek Online. Diakses pada 28 Agustus 2021, dari https://www.ruangojol.com/2021/02/manfaat-dan-keuntungan-menggunakan-ojol.html?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·