Pengaruh Web Desain dan Komunikasi Pemasaran pada E-commerce di Yogyakarta

Arung Risky Akhbar
Mahasiswa di Universitas Islam Indonesia
Konten dari Pengguna
21 Agustus 2022 16:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Arung Risky Akhbar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT

Pengaruh Web Desain dan Komunikasi Pemasaran terhadap Evaluasi Alternatif dan Keputusan Pembelian pada E-commerce di Yogyakarta

Sumber: Hasil potret kamera ponsel pribadi di beberapa kantor e-commerce di Indonesia.
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Hasil potret kamera ponsel pribadi di beberapa kantor e-commerce di Indonesia.
Di awal tahun 2012, pertumbuhan tren internet dijumpai dengan pertumbuhan infrastruktur internet di Indonesia. Hal ini, menghasilkan bentuk-bentuk baru pemasaran digital, termasuk e-commerce. E-commerce adalah pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik, seperti televisi, radio, dan jaringan komputer atau internet. Masyarakat di Indonesia khususnya di Yogyakarta saat ini mulai beralih dari sistem penjualan berbasis tradisional menjadi menggunakan layanan internet. Masyarakat memilih menggunakan layanan internet untuk melakukan jual beli dikarenakan target penjualan lebih tinggi dari pada menggunakan penjualan berbasis tradisional.
ADVERTISEMENT
Keputusan pembelian melalui media online memiliki beberapa faktor yang menarik minat konsumen untuk melakukan transaksi, faktor yang menjadikan masyarakat tertarik yaitu web desain yang menarik dan komunikasi pemasaran yang baik. Adanya web desain yang menarik dapat mempengaruhi keputusan pembelian online. Komunikasi pemasaran adalah interaksi antara pembeli dan penjual di berbagai media. Di perusahaan, komunikasi pemasaran dimulai dengan perencanaan bagaimana produk diproduksi dan diakhiri dengan pengiriman produk ke pasar.
Ada dua yang diajukan dalam penelitian ini yang mempengaruhi pelanggan untuk melakukan evaluasi terhadap pembelian, yaitu web desain dan komunikasi pemasaran.
Web desain merupakan hal penting bagi pembelian yang dilakukan secara online, sebab pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, hanya visualisasi dalam bentuk gambar. Gambar atau desain web yang menarik perhatian ini yang akan dijadikan variabel bebas untuk memprediksi konsumen membeli produk.
ADVERTISEMENT
Faktor berikutnya adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan secara digital. Komunikasi pemasaran adalah interaksi antar konsumen dan produsen dengan segenap media. Di perusahaan, komunikasi pemasaran dimulai dengan merencanakan produksi dan kemudian mengirimkan hasil ke pasar. Komunikasi pemasaran yang berguna yaitu proses berpikir berdasarkan pada pengetahuan tentang kebutuhan dan keinginan pengguna.

HIPOTESIS

Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian diartikan sebagai suatu tindakan untuk melakukan seleksi terhadap dua pilihan alternatif. Ketika melakukan suatu pembelian, konsumen pada umumnya akan dihadapkan pada banyak pilihan, sehingga mereka harus memutuskan layanan atau produk mana yang sesuai dengan dengan kebutuhannya. Beberapa ahli juga menambahkan bahwa keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan yang secara benar atau nyata dilalui oleh konsumen dalam memilih layanan dan produk.
ADVERTISEMENT
Evaluasi Alternatif
Evaluasi alternatif diartikan sebagai suatu proses dimana suatu alternatif dapat dipilih dan dievaluasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Beberapa kumpulan pilihan konsumen mungkin juga membentuk maksud untuk membeli merek yang paling disukai. Dalam melaksanakan intensi pembelian, konsumen dapat membentuk lima sub-keputusan: merek, penyalur, kuantitas, waktu, dan metode pembayaran.
H1: Terdapat pengaruh positif dari evaluasi alternatif terhadap keputusan pembelian pada e-commerce di kota Yogyakarta.
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah dua kata dengan dengan arti gabungan sehingga mengimbuhkan arti yang krusial dalam industri penjualan. Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas komunikasi bisnis dimana diberikan kepada konsumen melewati beragam saluran serta media guna terjadinya perubahan terhadap konsumen dari segi perubahan tindakan, sikap, serta pengetahuan. Konsumen akan memberikan perhatian yang besar pada atribut yang menghantarkan manfaat yang memenuhi kebutuhan. Berdasarkan hasil penelitian beberapa ahli, ditemukan bahwa komunikasi pemasaran memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap evaluasi alternatif.
ADVERTISEMENT
H2: Terdapat pengaruh positif dari komunikasi pemasaran terhadap evaluasi alternatif.
Emosi yang diciptakan oleh strategi komunikasi dapat membentuk atau mempengaruhi pengambilan keputusan. Hasil penelitian oleh para ahli menunjukkan, bahwa variabel komunikasi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
H3: Terdapat pengaruh positif dari komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian pada e-commerce di Yogyakarta.
Web Desain
Menurut beberapa ahli, desain web merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Dengan informasi yang diberikan web desain konsumen melihat masing-masing produk sebagai sekelompok atribut dengan berbagai kemampuan untuk menghantarkan manfaat yang diperlukan untuk memuaskan kebutuhan ini. Konsumen akan memberikan perhatian terbesar pada atribut yang menghantarkan manfaat yang memenuhi kebutuhan.
H4: Terdapat pengaruh positif dari web desain terhadap evaluasi alternatif.
ADVERTISEMENT
Hal yang pertama kali dilihat konsumen saat berkunjung di toko online menentukan kesan penjual seperti apa yang terbangun di mata pembeli. Kesan pertama yang baik akan menunjukan reaksi positif konsumen terhadap produk dan layanan bukan tidak mungkin mereka akan cenderung membeli.
H5: Terdapat pengaruh yang positif kemenarikan web desain terhadap keputusan pembelian pada e-commerce di Yogyakarta.

DEFINISI VARIABEL PENELITIAN

Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian diartikan sebagai suatu tindakan untuk melakukan seleksi terhadap dua pilihan alternatif. Keputusan pembelian juga merupakan suatu proses pengambilan keputusan yang secara benar atau nyata dilalui oleh konsumen dalam memilih layanan dan produk.
Evaluasi Alternatif
Evaluasi alternatif diartikan sebagai suatu proses dimana suatu alternatif dapat dipilih dan dievaluasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
ADVERTISEMENT
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas komunikasi bisnis dimana diberikan kepada konsumen melewati beragam saluran serta media guna terjadinya perubahan terhadap konsumen dari segi perubahan tindakan, sikap, serta pengetahuan.
Desain Web
Desain web merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Desain web menjadi suatu daya tarik yang menarik sebagai iklan dalam penjualan offline.

PEMBAHASAN

Hasil penelitian menunjukkan bahwa web desain berpengaruh signifikan terhadap evaluasi alternatif. Konsumen mengalami proses evaluasi dalam memutuskan untuk menggunakan jasa ojek online pada e-commerce dengan melihat faktor dalam web desain, yaitu kemudahan konsumen dalam menggunakan e-commerce, ketertarikan terhadap design e-commerce dan respon yang cepat pada pemesanan melalui e-commerce serta jaminan keamanan bertransaksi pada e-commerce, semakin baik web desain maka hasil dari proses evaluasi tersebut akan semakin baik dalam memutuskan untuk menggunakan e-commerce.
ADVERTISEMENT
Hasil penelitian menunjukkan bahwa web desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh beberapa ahli yang menunjukkan web desain berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemsaran berpengaruh signifikan terhadap evaluasi alternatif. Komunikasi pemasaran adalah suatu bentuk cara memasarkan dalam memberikan informasi dan melakukan komunikasi kepada konsumen, sehingga pertukaran informasi tentang produk (product) baik dari segi kualitas, aspek harga (price), kemudian proses distribusdinya hingga tersedia di tempat (place). Dengan ini konsumen menetapkan tujuan pembelian dan menilai serta mengadakan seleksi terhadap alternatif pembelian berdasarkan tujuan pembelian. Setelah konsumen mengumpulkan informasi mengenai jawaban alternatif terhadap suatu kebutuhan, maka konsumen akan mengevaluasi pilihan dan menyederhanakan pilihan pada alternatif yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Komunikasi pemasaran dimaknai sebagai metode manusia untuk menyamakan perspeksi antara pesan yang dikirim oleh pemberi pesan dan pesan yang diterima penerima pesan. Tujuan komunikasi ini berujung pada perubahan sikap oleh penerima pesan sebagai makna bahwa pesan yang dikirim telah diterima dengan baik. Maksud komunikasi ini agar komunikan sebagai penerima pesan memperoleh informasi, terpengaruh hingga melaksanakan instruksi pesan dari komunikator berupa putusan pembelian atas produk untuk pemenuhan kebutuhan dan pemuasan keinginan.

KESIMPULAN

ADVERTISEMENT