Sekolah dan Belajar Digital Secara Menyenangkan di Masa Pandemik

Dian Filardila
Perkenalkan nama saya Dian Filardila, saya mahasiswa aktif di IT Telkom Purwokerto dengan prodi S1 Teknik Biomedis
Konten dari Pengguna
30 Januari 2022 13:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dian Filardila tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pembelajaran daring, sumber: Screenshoot kelas S1 TB-01-A IT Telkom Purwokerto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pembelajaran daring, sumber: Screenshoot kelas S1 TB-01-A IT Telkom Purwokerto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kegiatan belajar-mengajar secara online atau daring dimulai ketika negara Indonesia terkena pandemik Covid-19. Dengan adanya pandemi ini sistem pembelajaran di Indonesia berubah total dalam pelaksanaannya. Banyak masalah yang kerap dialami seperti gangguan koneksi internet, kesulitan murid dan guru saat berkomunikasi, gangguan-gangguan yang ada di rumah pelajar atau pengajar hingga membuat aktivitas belajar terasa membisankan.
ADVERTISEMENT
Meski dibayangi berbagai masalah, namun belajar secara daring tetap harus dilakukan demi menjaga pendidikan bagi generasi muda. Belajar daring juga menjadi solusi di tengah kondisi berbahaya yang membuat metode belajar konvensional tidak bisa dilakukan untuk sementara.
Sebenarnya, ada banyak keuntungan belajar daring yang bisa diperoleh pengajar serta peserta didik. Salah satunya, belajar secara daring membuat proses pendidikan bisa dilakukan secara praktis, fleksibel, dan hemat waktu serta biaya. Kegiatan ini juga membuat peserta didik bisa lebih mudah merekam seluruh materi belajar yang diberikan.
Selain itu, belajar daring secara langsung mendidik generasi muda agar terbiasa menggunakan teknologi digital untuk berkegiatan sehari-hari. Proses pembentukan kebiasaan baru ini perlu dilakukan guna menyiapkan generasi muda yang melek digital, dan memiliki tingkat literasi digital tinggi.
ADVERTISEMENT
Kegiatan belajar daring bisa dilakukan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk belajar secara daring adalah Pijar Sekolah. Platform ini merupakan aplikasi pembelajaran digital terpadu yang membantu sekolah serta murid agar bisa menjalani proses belajar-mengajar secara menarik dan menyenangkan.
Pijar Sekolah dapat menjadi pilihan utama sekolah dan murid untuk belajar daring, karena platform ini merupakan karya asli Indonesia. Platform yang dikembangkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. ini juga memiliki sejumlah keunggulan dibanding aplikasi-aplikasi serupa.
Sebagai contoh, Pijar Sekolah memiliki fitur lengkap yang bisa diakses sekolah dan murid dengan harga terjangkau. Selain itu, setiap data pembelajaran di platform ini juga dikumpulkan secara terpusat. Pengelolaan data terpusat membuat pengawasan (monitoring) aktivitas guru dan peserta didik bisa berjalan secara mudah.
ADVERTISEMENT
Platform Pijar Sekolah juga memiliki fitur SIM Sekolah, ujian, serta konten pembelajaran digital yang bisa diakses penggunanya. Berbagai fitur tersebut membuat pemakai Pijar Sekolah dapat terbantu untuk melaksanakan pendidikan secara mudah, cepat, dan tetap interaktif.
Keunggulan yang ditawarkan Pijar Sekolah membuat pengajar dan peserta didik tak perlu khawatir lagi menjalani proses belajar digital. Belajar pun tetap bisa berlangsung secara asyik dan penuh interaksi dengan bantuan platform ini.
Ke depannya, bukan tidak mungkin akan ada semakin banyak sekolah yang menggunakan platform Pijar Sekolah untuk menunjang proses belajar-mengajar sehari-hari. Penggunaan platform pendidikan digital seperti Pijar Sekolah harus terus diperbanyak, demi mendorong terciptanya banyak talenta digital yang unggul di Indonesia.