Mie Gomak, Spaghetti Batak dengan Cita Rasa Khas Sumatera Utara

Dewi Putri Nasution
Mahasiswi Ilmu Sejarah Universitas Sumatera Utara
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 7:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dewi Putri Nasution tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: Dokumentasi Pribadi ( Foto diambil saat menginap di Vantas Hotel, Samosir )
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Dokumentasi Pribadi ( Foto diambil saat menginap di Vantas Hotel, Samosir )
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mie Gomak, kuliner khas Sumatera Utara, sering dijuluki sebagai "Spaghetti Batak" oleh para pecinta kuliner. Mie yang memiliki tekstur tebal dan kenyal ini menjadi salah satu makanan ikonik dari tanah Batak yang wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah Danau Toba dan sekitarnya. Keunikan Mie Gomak terletak pada bumbu yang digunakan, yaitu bumbu andaliman. Andaliman, yang sering disebut sebagai "merica Batak," memberikan sensasi pedas dan aroma khas yang tidak ditemukan pada bumbu lainnya. Bumbu ini menjadi kunci utama yang membedakan Mie Gomak dari mie-mie lainnya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Proses pembuatan Mie Gomak dimulai dengan merebus mie hingga matang, kemudian dicampur denganbunbu khas yang terdiri dari andaliman, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan sebagai rempah-rempah lainnya. Beberapa variasi Mie Gomak juga meggunakan santan untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya dan gurih. Mie ini biasanya disajikan dengan potongan sayuran, telur rebus dan kerupuk, menambah kenikmatan dan kelezatan saat disantap. Mie Gomak bukan hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari warisan budaya Batak yang kaya. Setiap suapan Mie Gomak membawa kita pada perjalanan rasa yang memperkenalkan kekayaan rempah-rempah dan tradisi kuliner Sumatera Utara. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara, menikmati seporsi Mie Gomak menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.
ADVERTISEMENT
Mie Gomak bukan hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari kekayaan warisan budaya Batak. Di setiap suapan Mie Gomak membawa kita pada perjalanan rasa yang memperkenalkan kekayaan rempah-rempah dan tradisi kuliner Sumatera Utara. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara, menikmati seporsi Mie Gomak menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Mie Gomak tidak hanya populer di Sumatera Utara saja, tetapi juga populer dan hadir di berbagai kota besar Indonesia. Banyak restoran modern memasukkan Mie Gomak ke dalam menu mereka, memberikan sentuhan modern pada hidangan tradisio nal ini dengan tetap mempertahankan cita rasa aslinya.
Dengan cita rasa yang khas dan keunikan yang dimilikinya, Mie Gomak berhasil mencuri perhatian banyak orang dan menjadi salah satu kuliner yang dibanggakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Jadi, bagi Anda yang belum pernah mencicipinya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba "Spaghetti Batak" yang penuh dengan kelezatan ini.
ADVERTISEMENT