Pertunjukan Seni Tari Tradisional Reog Ponorogo di Cilacap

Fena Nur Mustika
Saya adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2022 12:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fena Nur Mustika tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Tari Reog Ponorogo by Fena Nur Mustika
zoom-in-whitePerbesar
Foto Tari Reog Ponorogo by Fena Nur Mustika
ADVERTISEMENT
Pada tanggal 23 Juni 2022, pertunjukan seni tari tradisional Reog Ponorogo diselenggarakan oleh sekelompok grup Reog Ponorogo yang digelar di lapangan Desa Kedawung, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Pertunjukan tari ini mampu menghipnotis ribuan warga yang menyaksikan pertunjukan tari tersebut. Meskipun cuaca sangat terik, saya tetap ingin menonton penampilan tari Reog Ponorogo bersama ibu dan nenek saya karena saya belum pernah menyaksikannya secara langsung.
Foto Pertunjukan Tari Reog Ponorogo di lapangan Desa Kedawung by Fena Nur Mustika
Ketika jam menunjukkan pukul 13.00 WIB saya beserta ibu dan nenek saya segera memasuki lapangan yang diberi pembatas berwarna jingga tersebut. Harga tiket masuk pertunjukan seni tari tradisional yang berasal dari Jawa Timur ini sebesar 10.000 rupiah saja perorang. Menurut pendapat saya, harga yang diberikan cukup murah karena jika kita keluar dari pembatas jingga, kita dibolehkan masuk kembali selama stempel yang diberikan oleh petugas masih ada.
Foto Salah Satu Atraksi Tari Reog Ponorogo di lapangan Desa Kedawung by Fena Nur Mustika
Setelah satu jam berlalu, waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB dan akhirnya pertunjukkan dimulai. Pada tarian pembuka yang pertama, 8 penari Reog mengenakan topeng berukuran besar yang bentuknya seperti kepala singa berhias mahkota bulu merak langsung mulai menari dengan gerakan khas Reog Ponorogo yang diiringi musik gendang dan alat musik pendukung lainnya. Menurut informasi yang saya ketahui, topeng yang dikenakan oleh penari Reog mencapai berat 60 kilogram. Namun, ajaibnya penari yang mengenakan topeng tampak tidak keberatan karena konon katanya dibantu oleh makhluk gaib. Tidak heran jika mereka bisa sukses membawakan tarian tersebut.
ADVERTISEMENT
Pertunjukan seni tari tradisional Reog Ponorogo disambut hangat oleh penonton termasuk oleh saya sendiri. Para penari menampilkan tarian dan atraksi menarik antara lain seperti atraksi jungkir balik yang ekstrem, siram air mendidih, dan masih banyak lagi. Hal tersebut mendapat tepuk tangan yang meriah dari penonton.