Opini dan Informasi Tenda Tenda Tratak di Masa New Normal

Dhesta Laurent Dewanto
Mahasiswa ITTelkom Purwokerto yang keseharian nya selalu belajar dan selalu mendengarkan dosen saat menjelaskan materi dengan baik
Konten dari Pengguna
6 Juni 2022 11:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dhesta Laurent Dewanto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : gambar sendiri
zoom-in-whitePerbesar
sumber : gambar sendiri
ADVERTISEMENT
Sebelum mengenal investasi Tenda tratak kali ini, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Tenda tratak, berikut beberapa penjelasan tentang Tenda tratak ini.
ADVERTISEMENT
Apa itu Tenda Tratak atau Yang Sering di Sebut Tenda Hajatan ?
Tenda tratak atau sering disebut tenda hajatan merupakan tenda persewaan untuk orang-orang yang ingin menikah ataupun memiliki beberapa acara yang penting sebagai tenda untuk perlindungan dari hujan ataupun dari panas.
Tenda tratak ini dibuat menggunakan bongkahan besi yang lonjong dengan besi datar berbentuk lingkaran kecil di bagian bawah sebagai pondasi penahan besi beserta seng yang akan di pasang di atasnya, lalu di tutupi kain yang panjang melintang menyesuaikan tenda trataknya berapa unit, biasanya tenda tratak per unit panjang dan lebar nya 4x5 m, sehingga kain dapat menyesuaikan lebar tratak per unit nya.
Jenis-Jenis Model / Motif tratag
Motif Plafon Tarik
sumber : gambar sendiri
Motif plafon tarik ini sebenarnya penyebutan sendiri bagi saya karena cara memasang nya yang mudah dengan cara mengaitkan kain pada salah satu sudut kemudian ditarik ke sudut lainya, makanya di damai plafon tarik, bentuknya juga termasuk tenda tratak biasa dan harga nya juga lebih murah dibandingkan dengan tratak motif Ulos, contoh tenda tratak plafon tarik ada seperti di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Motif Ulos
sumber : gambar sendiri
Motif Ulos ini sangatlah unik karena menggunakan banyak bahan dan cara menyusun kain sebagai penutup di bawah seng sangatlah bagus, untuk pemasangannya sendiri juga membutuhkan banyak ide dan kreativitas dari sang penyusun trataknya, makanya biasanya motif leos ini memiliki daya tarik sendiri dari masyarakat dan harganya juga lebih mahal dari tratak model plafon tarik, contoh tenda tratak dengan motif ulos ada di bawah ini.
Investasi Tenda Tratak di Masa Pandemi
Dari latar belakang yang saat ini kita sudah tau bahwa Bapak Presiden kita yaitu Bapak Presiden Joko Widodo sudah mengungkapkan untuk melepas masker saat ini, sehingga investasi tratak saat ini dapat menjadi peluang besar bagi beberapa orang.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu investasi tratak saat ini bisa kita jadikan peluang bisnis yang besar dan dapat menjadi daya tarik sekitar, karena memang angka pertumbuhan penduduk di negara kita negara Indonesia tercinta ini sangatlah tinggi, sehingga menimbulkan banyak pernikahan yang membutuhkan tenda tratak yang tinggi.
Saingan investasi dari Tenda tratak
Saingan tenda tratak saat ini contohnya seperti gedung-gedung yang disewakan, tetapi untuk harga sewa dari gedungnya sendiri saat ini terbilang masih mahal, mungkin soal harga tidak berpengaruh bagi orang-orang yang memiliki financial freedom, dan seperti yang kita tau kebanyakan masyarakat Indonesia ini memiliki pendapatan menengah ke-bawah, sehingga investasi tratak ini masih berlaku bagi masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke-bawah.
(DLD) MAHASISWA ITTP
ADVERTISEMENT