Lomban Sebagai Perayaan Warga Nelayan Di Kabupaten Batang

Lailatuz Zumaroh Itsnain
Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi Angkatan 2022 Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
20 April 2024 21:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Lailatuz Zumaroh Itsnain tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Dokumen Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabupaten Batang yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah yang memiliki event tahunan bernama Lomban. Lomban adalah perlombaan dayung perahu tradisional yang menjadi salah satu acara yang paling dinantikan oleh warga di Kabupaten Batang. Keseruan dan kemeriahan Lomban sekaligus menjadi perayaan tersendiri dalam perayaan Idulfitri.
Sumber: Dokumen Pribadi
Lomban merupakan bagian integral dari budaya dan tradisi masyarakat nelayan di Kabupaten Batang. Lomban diadakan setahun sekali, setiap Hari Raya Idulfitri hingga tujuh hari berikutnya. Perahu-perahu yang berkumpul di tepi sungai Klidang Lor dengan hiasan yang ramai siap memeriahkan perlombaan dayung ini.
ADVERTISEMENT
Selama Lomban, tepi sungai dipadati oleh orang-orang yang ingin menyaksikan perlombaan dayung ini. Dari berbagai lapisan masyarakat, mereka ikut serta sebagai peserta, pendukung, atau hanya sebagai penonton yang antusias. Bahkan, bagi sebagian orang, keramaian Lomban juga menjadi peluang untuk mencari penghasilan dengan menjual berbagai macam makanan, minuman, atau barang dagangan di sekitar lokasi acara.
Tidak hanya sekadar menyaksikan, penonton yang berkumpul di sepanjang tepi sungai juga memberikan dukungan dan sorak-sorai yang menggebu-gebu kepada tim-tim yang berlomba. Semangat juang yang tinggi terpancar dari peserta yang bermain, dan sorak-sorai tersebut menciptakan rasa kegembiraan yang menular ke seluruh penonton. Suasana ini semakin memperkuat semangat Lomban sebagai perayaan yang meriah dan penuh keceriaan.
Sumber: Dokumen Pribadi
Lomban tidak hanya sekadar perlombaan, tetapi juga merupakan wujud kehidupan dan warna budaya lokal yang kaya. Perahu-perahu tradisional yang dihias dengan rapi dan penuh warna mencerminkan keindahan seni dan kreativitas masyarakat Kabupaten Batang. Sorak-sorai penonton, menciptakan suasana yang meriah dan memompa semangat para peserta yang bermain.
ADVERTISEMENT
Lomban di Kabupaten Batang juga menjadi ajang untuk memperkuat nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan dalam masyarakat. Persiapan dan pelaksanaan Lomban melibatkan partisipasi aktif dari berbagai kelompok masyarakat, baik pemuda, desa, maupun organisasi lokal. Ini mencerminkan kebersamaan dan semangat saling bahu-membahu dalam menjaga dan memperkuat tradisi serta kebudayaan lokal.
Lomban di Kabupaten Batang memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat dan pariwisata daerah. Acara ini menjadi daya tarik wisata yang menarik pengunjung, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Batang. Lomban juga memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat setempat. Dampak positif ini tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat dan kebanggaan akan identitas daerah. Lomban di Kabupaten Batang memberikan sinergi antara pariwisata dan perekonomian lokal, serta meningkatkan citra dan daya tarik daerah tersebut di mata wisatawan.
ADVERTISEMENT