Konten dari Pengguna

Optimalisasi Batas Desa dengan Manfaatkan GIS: Pemetaan Administrasi dan Sarana

Nada Salma Ardita Murti
Mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang
7 Februari 2024 11:10 WIB
comment
7
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nada Salma Ardita Murti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Klaten (31/01/2024) - Peta administrasi desa/kelurahan merupakan peta yang menunjukkan batas dan pembagian administratif setingkat desa/kelurahan. Dalam peta ini terdapat informasi mengenai batas administratif terdiri dari batas desa, RT, RW, serta dusun/dukuh. Sedangkan peta sebaran sarana merupakan peta yang berisikan informasi mengenai sarana yang terdapat di Desa Keden sesuai dengan kondisi saat ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh mahasiswa dengan perangkat desa, diketahui bahwa Desa Keden, Kecamatan Pedan, telah memiliki peta desa, tetapi pembuatannya masih dilakukan secara manual. Informasi pada peta tersebut dapat dikatakan belum lengkap dan belum menggunakan data tahun terbaru. Menghadapi permasalahan ini, mahasiswa KKN UNDIP TIM I tahun 2023/2024 yang berlokasi di Desa Keden, Nada Salma Ardita Murti, mahasiswa dari jurusan Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, menginisiasi program "Pendampingan dalam pembuatan dan pemahaman peta m
engenai batas administrasi dan sarana Desa Keden".
Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Tahun 2023/2024 Melakukan Validasi Batas Dusun Bersama Kepala Dusun Setempat
Proses dalam pembuatan peta administrasi dilakukan dengan melalui beberapa tahap, antara lain wawancara dengan kepala dusun selaku pihak yang memahami setiap batas Desa Keden, survei lokasi, pengumpulan data, serta melakukan digitasi melalui citra Google Satellite menggunakan ArcMap 10.8. Setelah pembuatan peta administrasi, kemudian dilakukan pembuatan peta sebaran sarana yang prosesnya sama seperti sebelumnya. Peta tersebut kemudian dicetak untuk diserahkan kepada pihak Desa Keden.
ADVERTISEMENT
Setelah penyelesaian pengerjaan peta, pada tanggal 29 Januari 2024, dilakukan penyerahan produk peta kepada perangkat Desa Keden yang berlokasi di Balai Desa Keden, Kecamatan Pedan. Program tersebut mendapatkan respon positif dari perangkat desa. Melalui pelaksanaan program ini, diharapkan dapat memberikan dukungan kepada pihak desa dalam pembaruan database data spasial, sekaligus mempermudah visualisasi informasi terkait batas administrasi dan sebaran sarana di Desa Keden kepada masyarakat.
Penyerahan Hasil Peta Administrasi dan Sebaran Sarana Oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Tahun 2023/2024