News
·
16 April 2019 9:31

Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh 99.co Indonesia
Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana? (141409)
Sejak dahulu kala, masyarakat Indonesia memang sangat dekat dengan dunia mistik dan juga klenik.
ADVERTISEMENT
Tidak heran, jika banyak sekali urban legend atau legenda urban yang bermunculan di masyarakat, kemudian secara turun-temurun dikisahkan dari generasi ke generasi.
Semaju apapun sebuah kota, pasti ada saja, satu atau dua legenda urban yang tersimpan dan menjadi buah bibir di masyarakat, tidak terkecuali Bandung.
Di kota tersebut, banyak sekali tersimpan legenda urban yang kebenarannya masih menjadi perdebatan hingga saat ini.
Salah satu legenda urban yang paling terkenal di Kota Bandung adalah tentang sebuah rumah yang kerap mengeluarkan aroma kentang ketika malam hari.
Ya, legenda rumah kentang Bandung.
Mungkin kamu telah mengetahui perihal kisah yang satu ini. Namun, apakah kamu percaya dengan cerita yang selama ini kamu dengar?
Supaya enggak salah, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang fakta dan mitos seputar rumah kentang Bandung di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Aroma kentang pada malam hari

Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana? (141410)
Mitosnya, ada seorang anak laki-laki yang secara tidak sengaja terjatuh dari gendongan ibunya ke dalam kuali besar yang dipakai untuk memasak kentang, hingga membuat anak tersebut akhirnya meninggal.
Cerita inilah yang kemudian diyakini masyarakat sebagai alasan, mengapa rumah tersebut mengeluarkan aroma berbau kentang pada malam hari.
Akan tetapi, seorang wanita bernama Rayi Elfira, pada sebuah postingan blog pribadi miliknya, membantah kabar yang beredar seputar aroma kentang yang selama ini berkembang.
Rayi mengaku, selama 16 tahun menjadi tetangga dari rumah kentang Bandung, ia tidak pernah sekalipun mencium aroma kentang yang berasal dari rumah tersebut.

Kisah si ‘anak kentang’

Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana? (141411)
Selain mencium bebauan seperti kentang, mitosnya orang-orang yang melintas di depan rumah itu pada malam hari juga kerap melihat penampakan anak laki-laki di dekat rumah tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut Rayi, ia juga tidak pernah melihat sosok anak laki-laki itu secara langsung.
Meski begitu, Rayi mengaku pernah bermimpi didatangi oleh seorang anak perempuan Belanda berusia 11 tahun yang memberi isyarat, bahwa ia merupakan penunggu dari teras rumah kentang Bandung.
Hiii… Seram banget, ya!

Angker karena tidak berpenghuni

Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana? (141412)
Mitos berikutnya yang berkembang di masyarakat tentang rumah kentang Bandung adalah, bahwa rumah tersebut kosong alias tidak berpenghuni.
Pada postingan yang sama, Rayi turut membantah kabar tersebut. Menurutnya, rumah itu sejak dulu tidak pernah kosong dan masih berpenghuni sampai dengan sekarang.
Pada kolom komentar postingan tersebut, seorang dengan akun bernama Merryl Byrd menambahkan, bahwa rumah bergaya art deco ini merupakan milik seorang dosen yang ia kenal.
ADVERTISEMENT

Penampakan anjing jadi-jadian

Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung. Kamu Percaya yang Mana? (141413)
Tidak hanya penampakan seorang anak laki-laki saja, mitosnya di sekitar rumah kentang Bandung juga kerap terlihat penampakan seekor anjing yang disinyalir jadi-jadian, lho!
Namun, serupa dengan mitos-mitos lainnya, Rayi turut membantah isu yang satu ini.
Ia mengaku, bahwa anjing yang sering dilihat para pengendara yang lewat pada malam hari itu merupakan anjing peliharaan miliknya.
Akan tetapi, pada kolom komentar di postingan yang sama, seorang dengan akun bernama Andrea Lie menyangkal pernyataan tersebut.
Ia mengatakan, bahwa isu tentang anjing jadi-jadian tersebut benar adanya.
Berdasarkan pengalamannya, ia pernah melihat anjing tersebut berada di sekitar rumah kentang Bandung.
Andrea sendiri mengaku berusaha untuk mengejar anjing tersebut, namun sayang, anjing itu hilang begitu saja tanpa jejak.
ADVERTISEMENT

Tidak ada yang ingin membeli rumah tersebut

Sempat beredar kabar, bahwa rumah kentang Bandung akan dijual.
Akan tetapi, tidak ada orang yang ingin membeli rumah tersebut, hingga akhirnya rumah ini dibiarkan kosong dan tidak terawat.
Kebenaran dari berita ini sebenarnya cukup diragukan. Pasalnya, tidak ada informasi valid yang menyebutkan bahwa rumah tersebut sempat ingin dijual.
Namun, apabila kabar dijualnya rumah tersebut benar, apakah kamu berminat untuk beli rumah di Bandung yang sarat akan kisah mistisnya ini?
Terlepas dari segala mitos dan cerita mistis yang melekat di dalamnya, rumah kentang Bandung telah menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Kota Bandung dari dulu hingga sekarang.
Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita jaga bersama-sama cagar budaya yang kita miliki ya, Sahabat 99!
ADVERTISEMENT
(*YA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white