kumparan
17 Jan 2018 9:15 WIB

5 Tips untuk Para Pencari Kerja

Pencari kerja (ilustrasi) (Foto: Pixabay)
Ketika kamu mencari suatu pekerjaan dalam waktu seminggu ataupun sampai bertahun-tahun, kamu tidak sendiri. Menurut salah satu penelitian melalui aplikasi Glassdoor 38% orang dewasa di Amerika Serikat (AS) saat ini aktif mencari sebuah pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Ada dua pertanyaan yang seringkali dalam proses ini, yakni apakah pekerjaan ini cocok bagi saya? Dan Apakah saya bisa bergabung dalam perusahaan besar?
Berikut tips mecari pekerjaan dikutip dari entepreneur.com, seperti dikutip kumparan (kumparan.com), Rabu (17/1):
1. Jangan Fokus Pada Satu Titel Pekerjaan
Utamakan dalam mencari skill yang kamu kuasai daripada fokus pada posisi yang kamu tuju. Kamu secara tidak langsung membatasi dirimu dalam melihat pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan yang terlalu spesifik. Oleh karenanya kamu bisa membagi skill apa saja yang kamu kuasai dan memetakkan pada pekerjaan apa saja yang bisa kamu masuki.
2. Jangan Membuat Resume Asal-asalan
Jangan hanya sekedar membuat resume, saat ini kamu harus bisa lebih memberikan insight dan konteks siapa kamu dan apa saja pengalamanmu. Oleh karena itu kamu bisa membuat resume yang lebih tepat dengan memberikan informasi yang cukup jelas.
ADVERTISEMENT
3. Persiapkan Dirimu Sebelum Interview
Persiapan ketikan akan wawancara ini sangatlah penting. Bacalah informasi terkait visi perusahaan, apa tanggung jawabmu akan menjadi hal menentukan. Lakukan segalanya dengan penuh rasa percaya, meskipun interview itu cukup membuatmu gugup.
4. Bersikap Ramah
Biasanya pada saat interview, kamu akan ditanyai apakah kamu mempunyai pertanyaan. Gunakan kesempatan ini secara bijak, kamu bisa bertanya kepada perusahaan terkait, seperti apakah ada kesempatan jenjang karir perusahaan?
5. Jangan Lupakan Etika
Selalu berterima kasih dan perlihatkan bahwa kamu antusias bekerja pada perusahaan yang kamu lamar. Cari kesempatan untuk memberikan alasan mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan atau mungkin pertanyaan lain yang membuat percakapan berjalan hangat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·