Pencarian populer

Antisipasi One Way di Tol saat Mudik, Blue Bird Cari Jalur Alternatif

Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat. Foto: Dok. Jasa Marga

Pemerintah bakal menerapkan jalur satu arah (one way) dalam skema mudik di dalam Tol Trans Jawa. Tujuannya untuk menghindari penumpukan kendaraan yang melintas di tol tersebut.

Sayangnya, one way ini diprediksi bakal menganggu mobilitas kendaraan yang akan balik dari Jawa ke Jakarta seperti bus-bus yang harus mengangkut kembali pemudik.

PT Blue Bird Tbk (BIRD) yang merupakan salah satu penyedia bus mudik ke Pulau Jawa pun harus mencari cara untuk menyiasati kebijakan ini. Salah satunya dengan mempelajari jalur alternatif di luar tol agar bus tidak terhambat kembali ke Jakarta.

"Tentunya jadwal arus mudik dan balik kita sesuaikan dengan one way itu. Kami lagi pelajari jalur-jalur alternatif yang bisa dilakukan. Hanya yang belum kita tahu adalah waktu tempuh jika menggunakan jalur alternatif," kata Direktur Blue Bird Sigit Priawan Djokosoetono kepada kumparan, Rabu (29/5).

Foto udara Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sigit membayangkan akibat one way ini, jalan arteri seperti Pantai Utara (Pantura) yang mengarah ke Jakarta bakal padat. Karena itu, jika jadwal yang dibuatnya tidak tercapai, perusahaan akan menyiapkan kendaraan berikutnya untuk jadwal baliknya.

"Kami siapkan back up skenario jika kendaraan itu menempuh waktu yang lebih lama," katanya lagi.

Dalam Lebaran kali ini, perusahaan menyiapkan 100 bus berukuran besar dan kecil untuk mengantarkan pemudik ke kampung halaman. Adapun tujuan mayoritasnya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti ke Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Surabaya.

Jumlah bus yang dikeluarkan tahun ini, kata dia, kurang lebih sama dengan tahun lalu. Penumpangnya ada yang berasal dari perusahaan swasta dan individual.

Sebagai catatan, sistem one way secara keseluruhan akan dimulai pada KM 25 Cibitung hingga KM 263 Brebes Barat pada 30 Mei-2 Juni 2019. Artinya ada sejumlah ruas tol bagian dari Trans Jawa yang diberlakukan sistem one way ini.

Ruas tol itu, yakni Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Pejagan, hingga Pemalang-Batang. Selama sistem ini berlaku, arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur arteri Pantura atau jalur tengah Sumedang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53