kumparan
27 Jun 2019 21:14 WIB

Aplikasi Penyedia Dokumen Legal untuk Perlindungan Startup Diluncurkan

Peluncuran aplikasi The First oleh Makes & Partners. Foto: Elsa Olivia Touran/kumparan
Bagi sebuah perusahaan rintisan atau startup, pembiayaan merupakan hal yang penting. Namun, dalam prosesnya, butuh banyak persiapan sebelum akhirnya mencapai kesepakatan. Salah satunya dokumen legal sebagai perlindungan hukum.
ADVERTISEMENT
Managing Partner dan Founder Makes & Partners, Yozua Makes, mengatakan banyak startup yang sulit memahami dokumen legal ini. Padahal, dokumen ini penting untuk mengantisipasi persoalan di kemudian hari.
"Karenanya, kami meluncurkan produk bernama Aksara Nusantara, yang merupakan singkatan a kit of standard startups agreements. Dokumen ini bisa diakses secara gratis lewat aplikasi The First sebagai bahan referensi," katanya di Patio Venue & Dining, Jakarta Selatan, Kamis (27/6).
Seluruh template yang ada di Aksara Nusantara bisa dijadikan sebagai acuan para pelaku startup, investor, hingga akselerator dalam proses fundraising.
Peluncuran aplikasi The First oleh Makes & Partners. Foto: Elsa Olivia Touran/kumparan
Pihaknya juga berkolaborasi dengan Lexar, salah satu startup yang bergerak di bidang legal untuk membantu startup dalam menyusun dokumen legal awal.
"Lexar bisa membantu para startup dalam early stage startup untuk menyiapkan dokumentasi legal awal yang diperlukan dalam melakukan usahanya," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kepala Bekraf, Triawan Munaf, mendorong agar seluruh pelaku startup mulai memahami arti penting dokumen legalitas dalam sebuah perjanjian fundraising.
Menurut dia, dengan diluncurkan aplikasi ini bisa melengkapi ekosistem ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.
"Aksara melengkapi ekosistem perusahaan digital di Indonesia," tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan