kumparan
20 Agu 2018 12:15 WIB

Bandara Kulon Progo Akan Tersambung Tol Yogyakarta-Solo

Progres Pembangunan Bandara Kulon Progo Yogyakarta (Foto: Ditjen Perhubungan Udara)
Tol Yogyakarta-Solo sepanjang 40,49 km ditargetkan dapat dibangun tahun depan. Adapun proyek tersebut merupakan prakarsa konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), DDT, dan Gama Grup.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, nantinya Tol Yogyakarta-Solo akan menyentuh akses jalan Bandara Kulon Progo. Dengan begitu, masyarakat akan dimudahkan menuju bandara yang tengah dibangun itu.
“Itu sampai Kulon Progo, akses bandara nantinya (Tol Yogyakarta-Solo),” kata Budi saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (20/8).
Progres Pembangunan Bandara Kulon Progo Yogyakarta (Foto: Ditjen Perhubungan Udara)
Berdasarkan data awal Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Pemerintah (KPPIP), pembangunan tol itu akan memakan biaya Rp 16,01 triliun. Namun menurut dia, biaya pembangunan tol tersebut naik hingga Rp 3 triliun.
“Investasi sekitar Rp 19 triliun, di luar tanah. Ada elevated (layang) itu 15 km, makanya agak mahal. Ya 3 kali lipat dari harga biasa,” tegasnya.
Budi menambahkan, dalam proyek ini Adhi Karya memegang saham sekitar 40 persen, sementara sisanya dipegang oleh swasta. Menurut dia, swasta turut dilibatkan karena untuk mematuhi instruksi dari pemerintah pusat.
ADVERTISEMENT
“Bagus kan kalau swasta masuk. Lelang segera, mudah-mudahan tahun ini. Feasibility study sudah kami ajukan, jadi tahun depan bisa langsung fisik,” ucap Budi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan